https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   04 October 2021 - 21:33 wib

Modal Elektabilitas Papan Atas, Anies Baswedan Dapat Kejutan di Audisi PAN

Meski belum pernah memproklamirkan diri bakal bertarung dalam pilpres 2024, elektabilitas Anies Baswedan selalu unggul di sejumlah survei.  

Sejumlah hasil survei menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi teratas. Misalnya, survei CISA pada awal Juni 2021, menghasilkan lima tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon presiden 2024.

Dan, juaranya adalah Anies Baswedan dengan elektabilitas 19,2 persen. Disusul Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 15,51 persen.

“Anies, AHY, Ganjar, Prabowo dan Erick menempati lima besar elektabilitas tertinggi dari yang lainnya. Kita cek ulang di lima besar daerah yang basis sampelnya terbesar juga," kata Direktur Eksekutif CISA Herry Mendrofa.

Survei Indonesia Political Opinion (IPO) pun setali tiga uang. Anies berada di kasta tertinggi. Dalam survei yang dilangsungkan pada 2-10 Agustus 2021, pendukung Anies mencapai 18,7 persen. Mampu mengungguli 19 tokoh potensial lainnya.

"Setelah Anies, muncul nama Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 16,5 persen. Selanjutnya, mantan duet Anies di Pilgub DKI, yakni Sandiaga Uno dengan elektabilitas 13,5 persen, dan AHY 9,9 persen," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah, dalam diskusi virtual Polemik MNC

Pada September 2021, nama Anies mencetak hattrick karena masuk jajaran papan atas. Lembaga Survei & Polling Indonesia (SPIN) menempatkan Anies di posisi kedua setelah Prabowo yang elektabilitasnya 21,9 persen.

"Sementara Anies 16,1 persen, Ganjar Pranowo 15,6 persen, dan AHY 8,7 persen," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, saat merilis hasil survei secara daring, Rabu (8/9/2021).

Lantaran capaian ini, bisa jadi PAN tertarik mengundang Anies Baswedan dalam audisi politik yang dikemas 'Workshop Nasional' di Nusa Dua, Bali. Benar saja, para kader PAN spontan histeris melihat Anies. Mereka pun kompak berteriak: 'Anies 2024, Anies 2024'. Respons dari para kader PAN ini bisa menjadi kejutan bagi Anies Baswedan.

Ketika ditanya soal teriakan itu, Anies hanya tersenyum. Dia tak mau menjawab pertanyaan seputar Pilpres 2024.

"Saya hanya mendapatkan undangan untuk berbicara dalam workshop nasional ini (PAN). Di sesi pagi," kata Anies, Senin (4/10/2021).

Sementara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menerangkan bahwa Anies Baswedan menjadi salah satu narasumber dalam workshop nasional PAN.

PAN juga mengundang kepala daerah lain, misalnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Nanti bimtek (bimbingan teknis). Jadi, Gubernur Jawa yang kita dukung, iya kita undang. Cuman, Bapak Ganjar nampaknya berhalangan, yang hadir Bapak Anies, Ibu Khofifah, Bapak Ridwal Kamil besok akan datang juga, Menteri BUMN akan datang," ujar Zulkifli Hasan.


Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Anies Bagi Pengalaman Bangun Ibu Kota di Munas Alim Ulama PPP

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan pengalamannya membangun ibu kota saat acara Musyaw
berita-headline

Viral

Gubernur Anies Ajak Warga Jakarta Turut Menjaga Kualitas Udara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Ibu Kota untuk turut menjaga kualitas udara ya
berita-headline

Viral

Rakernas II PAN Momentum Gotong Royong untuk Bangsa

Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II yang diselenggarakan se
berita-headline

Viral

Di KPK, Anies Pamer Penanganan Covid di Jakarta

Sebelum membahas kasus dugaan korupsi Tanah Munjul, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerka
berita-headline

Viral

Zulhas: Rakyat Harus Ditolong, Tidak Sibuk Berdebat

Partai Amanat Nasional (PAN) memberikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah dalam menangani Cov