https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   05 October 2021 - 23:48 wib

Ridwan Kamil Pertimbangkan untuk Gabung ke Partai Politik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mulai mengambil anjang-anjang untuk bergabung dengan partai politik (parpol). Pasalnya selama ini, Emil, sapaan akrabnya, masih enggan terjun ke politik praktis lewat parpol meski sudah berhasil menjadi kepala daerah.

Saat menjadi narasumber di acara Lokakarya Partai Amanat Nasional (PAN) di Nusa Dua, Bali, Selasa (5/10/2021), Emil sudah mulai mengisyaratkan jika dirinya akan bergabung dengan parpol.

"Memang selama dua kali pilkada saya belum berpartai seperti nasihat dari ibu saya. Tapi selanjutnya apakah periode kedua gubernur lagi atau ada tawaran ke nasional itu saya sudah istikharahkan untuk akan berlabuh di salah satu partai politik," katanya.

Meski demikian, Emil masih belum mau membeberkan parpol mana yang akan menjadi pelabuhannya nanti. Sebab saat ini dia masih melakukan penjajakan kepada seluruh parpol.

"Partainya tentu masih saya pikirkan baik-baik, salah satunya mungkin juga Partai Amanat Nasional yang mengundang saya di Bali ini," ucap dia.

Emil pun meminta semua pihak tak menyimpulkan dulu keputusan yang akan diambilnya nanti. Sebab pilihan politik tidak bisa diputuskan secara cepat dan butuh proses yang panjang.

"Terlalu jauh untuk disimpulkan sekarang, tapi kalau auranya bagus seperti tadi ya membesarkan hati, kira-kira begitu bahwa jodoh tidak jodoh tidak sesederhana penglihatan seperti sekarang. Nanti tunggu di detik-detik akhir," ungkapnya.

Emil mengaku dalam beberapa bulan ini sudah melakukan safari politik ke beberapa parpol dan bertemu para petinggi parpol seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Semua partai sudah ketemu dan semua membicarakan kerja sama pembangunan Indonesia lewat Jawa Barat. Mungkin relevannya terkait 2024 itu nanti pada 2022 baru mulai agak panas,” katanya.

Seperti diketahui, nama Ridwan Kamil memang sering muncul dalam berbagai lembaga survei terkait capres/cawapres yang akan maju di Pilpres 2024.

Namanya masuk dalam kandidat bakal capres potensial 2024 bersama tokoh-tokoh lainnya seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua MPR Puan Maharani, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartato.

Pada 2017 lalu, Emil juga sempat disebut-sebut akan maju di Pilkada DKI Jakarta. Namun setelah dirinya bertemu dengan Presiden Joko Widodo secara empat mata, dirinya akhirnya memilih untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

PDIP Minta Etika Anies Diperbaiki Dulu Sebelum Jadi Capres

PDI Perjuangan DKI Jakarta menyoroti munculnya dukungan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan un
berita-headline

Viral

Resmi, Relawan Deklarasi Anies Capres 2024

Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera atau disingkat ANIES resmi mendeklarasikan diri mendukung An
berita-headline

Viral

Ridwan Kamil Masih Usahakan Beri Bonus untuk Atlet PON

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak akan ikut campur soal pemberian bonus kepada atlet-atlet Jab
berita-headline

Kanal

PDIP Jateng Minta Kader Tak Dimanfaatkan Tokoh yang Berambisi Nyapres

Wakil Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Dede Indra Permana Soediro meminta Ketua DPC PDIP
berita-headline

Viral

PDI Perjuangan Sebut Jokowi, Ganjar, Puan, Hingga Prananda Pemimpin Hasil Kaderisasi

DPP PDI Perjuangan mengatakan memiliki mekanisme tersendiri dalam menentukan calon pemimpin baik