https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   06 October 2021 - 13:48 wib

DPR Akan Tanyakan ke Luhut dan Airlangga Soal Pandora Papers

Viral
berita-headline

Pandora Papers. ist

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan menanyakan ke Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terkait keberadaan nama mereka di Pandora Papers dalam rapat kerja dengan Komisi DPR terkait.

"Monggo saja jika ada yang ingin menanyakan,” kata anggota DPR Mardani Ali Sera kepada Inilah.com, Rabu (6/10/2021).

Namun demikian, menurut anggota DPR fraksi PKS itu, Pandora Papers masih memerlukan pembuktian dan kajian lebih detil mengenai nama-nama pesohor negara yang diduga sengaja menghindari pajak negara.

"Pandora Papers adalah kerja jurnalistik yg bersifat investigatif. Kebenarannya masih perlu dibuktikan oleh pengadilan. Sementara ini biarkan publik dan media meresponnya," ujar Mardani.

Untuk mengakhiri spekulasi publik, Mardani menyarankan kedua politikus Partai Golkar itu segera mengklarifikasi nama mereka dalam Pandora Papers.

“Jika yang bersangkutan mau mengklarifikasi bagus. Tapi DPR perlu mencermati ini,” tandas Mardani.

Pandora Papers merupakan hasil investigasi 600 jurnalis dari 150 media dan 117 negara yang tergabung dalam Konsorsium Internasional Jurnalis Investigatif atau International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). ICIJ memperoleh data pejabat negara seluruh dunia yang diduga sengaja menghindari pajak.

Pandora Papers juga berisi bocoran laporan finansial dan kesepakatan bisnis yang mengungkap kepemilikan aset dan perusahaan cangkang di negara suaka pajak.

Pendirian perusahaan di negara suaka pajak memang tidak mengindikasikan pelanggaran. Namun pendirian perusahaan di negara suaka dapat digunakan untuk menghindari pajak dalam bisnis legal, sehingga berpotensi mengurangi penerimaan negara dari sektor pajak.

Nama Menko Marves Luhut dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto masuk dalam daftar itu.

Airlangga disebut mendirikan perusahaan cangkang sebagai kendaraan investasi serta untuk mengurus dana perwalian dan asuransi.

Airlangga tercatat memiliki dua perusahaan cangkang di British Virgin Islands, yurisdiksi bebas pajak di kawasan Karibia. Dua perusahaan itu antara lain Buckley Development Corporation dan Smart Property Holdings Limited.

Dalam lampiran surat elektronik dokumen Oktober 2016, anggota staf Trident menyebutkan perusahaan dinyatakan sudah tutup.

Sedangkan Luhut Binsar Pandjaitan, menurut notula rapat dalam dokumen itu, tercatat menghadiri rapat direksi perusahaan bernama Petrocapital SA, yang terdaftar di Republik Panama.

Luhut pertama kali ditunjuk menjadi Presiden Direktur Petrocapital dalam rapat yang digelar pada 19 Maret 2007. Ia dipilih bersama dua orang lain dan berkantor di Guayaquil, Ekuador. Pertemuan itu juga mengesahkan perubahan nama perusahaan dari Petrostar International SA menjadi Petrostar-Pertamina International SA.

Dalam dokumen setebal 17 halaman disebutkan perusahaan yang baru berganti nama itu ditugasi memproduksi sekaligus mengangkut produk minyak bumi. Petrostar juga diperintahkan melakukan ekspor-impor. Namun perusahaan itu hanya berumur tiga tahun. 

Dalam rapat pemegang saham luar biasa yang diselenggarakan pada Juli 2010, dewan direksi membubarkan perusahaan.

Juru bicara Luhut, Jodi Mahardi, mengkonfirmasi bahwa Petrocapital dibentuk di Republik Panama. Jodi mengatakan, Luhut hanya menjabat eksekutif Petrocapital selama tiga tahun sejak 2007. Jodi membantah kabar bahwa Luhut berkongsi dengan perusahaan minyak milik pemerintah Indonesia dan mengubah nama perusahaan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan khawatir
berita-headline

Viral

KPK Diminta Kejar Kasus Pajak Perusahaan Lain

Mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Angin Prayitno Aj
berita-headline

Viral

Airlangga: Penonton Superbike Mandalika 25.000 Orang dan Sudah Vaksin Lengkap

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah telah me
berita-headline

Viral

Pemerintah Klaim Kasus Aktif Covid-19 Turun Signifikan

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan penurunan t
berita-headline

Viral

PPKM Luar Jawa-Bali Juga Diperpanjang Dua Pekan

Pemerintah juga memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per le