https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   07 October 2021 - 14:36 wib

Polri-PPATK Akan Bertemu Bahas Soal Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim (Dittipidnarkoba) Polri akan menemui Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran uang sebesar Rp120 triliun sindikat narkoba yang ditemukan oleh PPATK.

"Rencananya silaturahmi dulu minggu depan ke PPATK," ujar Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Krisno Halomoan Siregar, di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Dia mengatakan pihak Bareskrim akan secara aktif meminta informasi kepada PPATK terkait temuan aliran rekening Rp120 triliun terkait dengan transaksi jaringan narkoba.

Krisno juga mengatakan, kasus temuan ini menjadi atensi dan perhatian khusus dari Kabareskrim Polri yang meminta pihak Dittipidnarkoba terus menggali informasi dari PPATK terkait tindak pidana narkoba.

Polri sendiri, kata dia, belum mendapatkan Informasi Hasil Analisis (IHA) dari PPATK terkait dengan temuan ini. Namun, Krisno memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan PPATK untuk mengungkap kasus ini terutama hal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berkaitan dengan narkoba.

"Dapat kami pastikan, kami mengarah ke TPPU. Tim sudah saya bentuk, tim pidana awal dan TPPU sedang bekerja menuntaskan," katanya.

Sebelumnya, PPATK menemukan adanya transaksi jumbo dengan nilai Rp120 triliun terkait transaksi jaringan narkoba. Temuan ini juga sudah disampaikan ke Komisi III DPR dalam rapat kerja beberapa waktu lalu.

Rekening jumbo Rp120 triliun tersebut merupakan angka konservatif yang ditotalkan dari transaksi periode 2016 hingga 2020. Aliran dana tersebut melibatkan sejumlah orang dan korporasi.

Tercatat ada 1.339 individu dan korporasi yang sudah diperiksa PPATK dan dicatat aliran keuangan yang mencurigakan yang datang dari tindak pidana narkoba.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Tambah Lagi Daftar Nama Background Jenderal Disebut Capres 2024

Nama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa,  ada dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consult
berita-headline

Viral

HUT ke-66 Polantas, Korlantas Polri Ingatkan Lalu Lintas Sebagai Urat Nadi Kehidupan

Dalam peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66, Polri mendoro
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Palangkaraya Berantas Narkotika di Wilayah Kalimantan

Bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya, Bea Cukai Palangkaraya adakan konferensi pers b
berita-headline

Viral

Polri Siap Proses Laporan Terhadap Natalius Pigai

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) siap memproses laporan terhadap mantan anggota Komna
berita-headline

Viral

Polri Jamin Tak Ada Seleksi untuk 57 Eks Pegawai KPK

Mabes Polri menjamin tidak ada penyeleksian bagi 57 orang mantan pegawai Komisi Pemberantasan Kor