https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   08 October 2021 - 23:25 wib

Pasca Sanksi WADA, Tak Ada Nyanyian Indonesia Raya dan Merah Putih Berkibar

Bak petir di siang bolong, Badan Anti Doping Dunia atau World Anti-Doping Agency (WADA), memberikan sejumlah sanksi berat yang cukup bikin sedih sekaligus malu.

Dikutip dari Reuters, Jumat (8/10/2021) WADA melarang Indonesia menjadi tuan rumah bagi kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan.

Tak berhenti di situ, atlet Indonesia masih diperbolehkan mengikuti kompetisi, namun dilarang mengibarkan bendera Merah Putih dan membawa nama Indonesia. Dengan kata lain, atlet Indonesia mewakiliki negara lain peserta Olimpiade.

Sanksi tegas itu dijatuhkan WADA, lantaran Indonesia dianggap tidak mematuhi prosedur antidoping. Namun, Indonesia tidak sendiri. sanksi serupa juga dijatuhkan kepada Korea Utara dan Thailand. WADA mengatakan, Badan Antidoping Korea Utara dan Indonesia, dinilai tidak patuh, karena tak menerapkan program pengujian yang efektif.

Pada 2019, WADA pernah memberikan sanksi berat kepada Rusia, dalam kasus yang berbeda. Di mana, Rusia dijatuhi hukuman larangan tampil selama empat tahun di ajang olahraga. Karena dinilai memanipulasi data penyelidikan antidoping.

Kemudian, sanksi tersebut dipangkas menjadi dua tahun oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Alhasil, hingga 16 Desember 2022, atlet Rusia tak boleh bertanding di bawah bendera, nama, atau lagu kebangsaan mereka. Dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020, atlet Rusia terpaksa mengusung identitas ROC (Russian Olympic Committee).

Bisa dibayangkan, sejumlah agenda olahraga berkelas dunia tak bisa digelar di Indonesia. Lebih menyedihkan lagi, atlet Indonesia tak bisa mengukir prestasi untuk negerinya. Kalau pun menang, tak ada Indonesia Raya dan Merah Putih berkibar menantang angkasa.

Duh, bagaimana ini Pak Menpora?







Tag :
doping
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

KOI dan LADI Percepat Penyelesaian Sanksi WADA

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terus mempercepat prose
berita-headline

Viral

Menpora Soal Sanksi Badan Doping Dunia: Kita Patuhi Aturan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali memberikan klarifikasi te