https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   09 October 2021 - 13:35 wib

DPR Jangan 'Jeruk Makan Jeruk' Panggil Luhut!

Viral
berita-headline

Luhut Binsar Pandjaitan (foto istimewa)

Merah Johansyah dari Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mendesak DPR RI, segera menjadwalkan pemanggilan terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Terutama terkait temuan riset Koalisi Bersihkan Indonesia terkait adanya 17 nama dari pejabat publik dan jenderal militer diduga terkoneksi dengan jejaring bisnis tambang LBP yang banyak beroperasi di Kalimantan Timur dan Papua.

"Harusnya begitu Komisi VII. Berkaitan juga dengan pertambangan dan komisi lingkungan hidup.Terutama juga komisi yang menangani tata kelola pemerintahan dan penegakan hukum karena ada dugaan konflik kepentingan dalam pemerintah eksekutif saat ini," kata Merah Johansyah kepada INILAH.COM, Sabtu (9/10/2021). 

Merah Johansyah kembali menekankan bahwa walau disaat bersamaan dorongan terhadap DPR RI untuk memanggil LBP diiringi rasa pesimis lantaran bila melihat komposisi DPR yang isinya juga banyak para pelaku bisnis tambang dan energi, tetapi rakyat penting ikut andil dalam menyuarakan persoalan ini. 

"Khawatir cuma jeruk makan jeruk. Saya berharap rakyat merekam dalam ingatan mereka atas semua ini dan di waktu yang akan datang mengambil tindakan politik atas diamnya negara saat ini. Rakyat akan makin tidak percaya dengan pemerintah saat ini. Apalagi jika pembungkaman terhadap Fatia dan Haris dilanjutkan," pungkasnya.

Sebelumnya, YLBHI, JATAM, ICW, KontraS, WALHI, Fraksi Rakyat Indonesia, Greenpeace Indonesia, dan Sajogyo Institute, yang tergabung dalam Koalisi Bersihkan Indonesia membeberkan hasil temuan dugaan adanya 17 nama yang terdiri dari pejabat publik dan jenderal militer dalam jejaring bisnis pertambangan LBP.

Ada nama Mayor Infanteri Paulus Panjaitan yang juga diketahui sebagai anak LBP. Paulus mempunyai hubungan dengan perusahaan tambang PT Buana Inti Energi dan PT Toba Sejahtra.  Mantan Menteri Agama Jendral (Purn) Fachrul Razi dan Letnan Jenderal TNI (Purn) H Sumardi sebagai Komisaris di PT Toba Sejahtra.

Kemudian mantan Panglima Kodam Pattimura dan Brawijaya,  Letnan Jenderal (Purn) Eko Wiratmoko. Nama Sekjen Cakra 19 atau Tim Sukses Jokowi itu terhubung dengan PLTU PT Kartanegara Energi. Lalu Kepala Staf Umum ABRI periode 1999-2000, Letjen (Purn) Suaidi Marasabessy,  menjabat Direktur Kutai Energi dan  Presiden Direktur Utama TMU di Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan ke-33 Jusman Syafii Djamal  menjabat sebagai komisaris di PT Rakabu Sejahtera, PT Toba Sejahtra, dan PT Kutai Energi. Arthur Mangaratua Ebenhaeser Simatupang sebagai Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta  Indonesia yang berhubungan dengan PT Toba Pengembang Sejahtra.

Mantan Menristek dan mantan Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, sebagai komisaris di PT Toba Bara Sejahtra (TBS) Energi Utama.

Pandu Patria Sjahrir, keponakan LBP yang juga pengurus KADIN yang terlibat dalam Satgas Omnibus Law, Ketua Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia 2015-2018 dan 2018-2021, namanya terhubung di PT Toba Bara Sejahtra (TBS) Energi Utama.

Ada juga nama Arif Budi Sulistyo, adik ipar Presiden Joko Widodo yang merupakan Direktur PT Rakabu Sejahtera yang berkongsi dengan PT Toba Sejahtra milik LBP.

Mantan Komisaris BUMN PT Pupuk Kaltim yang saat ini menjabat sebagai Komisaris BUMN PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI), Bambang Supriyambodo juga terhubung dengan PT Rakabu Sejahtera.

Jejaring bisnis tambang PT Rakabu Sejahtera ikut mengait nama Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka.

Dua anak Presiden Jokowi ini sebagai pemegang saham terbesar kedua di PT Papua Rakabu Sejahtera setelah Toba Sejahtra milik Luhut.

Nama-nama pejabat publik dan militer itu diduga terkoneksi dengan jejaring bisnis tambang LBP yang banyak beroperasi di Kalimantan Timur dan Papua.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Sama-sama Pegang Data Luhut-Haris Jalani Mediasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan bakal ber
berita-headline

Viral

Luhut: 18 Negara Boleh Masuk Indonesia, Singapura Tak Ada dalam Daftar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut B
berita-headline

Viral

Tugas Luhut Lintas Sektor, Kenapa Bukan Sandiaga?

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman da
berita-headline

Viral

Muncul Dorongan Tracing Keuangan Fatia-Haris Azhar

Nama Koordinator KontraS, Fatia Maulidiyanti dan Direktur Lokataru
berita-headline

Viral

Sama Berani dan Pegang Data, Siapa yang Ketar-ketir?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar