https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   10 October 2021 - 22:37 wib

Janji Kepala Daerah untuk Atlet PON XX Papua

Viral
berita-headline

foto istimewa

Demi memberikan semangat kepada para atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, sejumlah kepala daerah mengiming-imingkan bonus yang bisa diraih jika sang atlet meraih juara.

Iming-iming itu dinilai sebagai wujud kepedulian dari kepala daerah kepada para atlet yang tengah bersaing di ajang olahraga mulai 2-15 Oktober 202i di empat kabupaten/kota yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Sedikitnya, 7.066 atlet berlomba di 37 cabang olahraga dan semuanya sama-sama memperebutkan medali emas demi mengharumkan nama daerahnya masing-masing. Untuk mewujudkan mimpi para atlet, para kepala daerah ini memberikan dukungan sebagai berikut,

1. Bonus Uang Tunai
- Papua
Tidak main-main, Gubernur Papua Lukas Enembe menyiapkan uang tunai Rp1 miliar untuk atletnya yang meraih medali emas di nomor perorangan, dan uang tunai sebesar Rp650 juta untuk nomor beregu.

Tak hanya peraih emas, atlet yang meraih medali perak di nomor perorangan juga dijanjikan Rp500 juta dan bonus Rp325 juta untuk atlet beregu. Untuk peraih medali perunggu di nomor perorangan dijanjikan bonus Rp250 juta dan Rp162,5 juta untuk nomor beregu.

Bukan hanya itu, para atlet yang belum mendapat kesempatan meraih medali pun tidak akan pulang dengan tangan kosong. Mereka juga dijanjikan uang tunai masing-masing sebesar Rp10 juta.

Ini dilakukan untuk menjaga motivasi mereka dalam berjuang mengharumkan nama Papua. Terlebih lagi sebagai tuan rumah PON XX 2021 ini.

Hal yang sama juga dilakukan gubernur lainnya yang menjanjikan bonus uang tunai kepada para atletnya yang berlaga di PON XX. Namun bonus yang diberikan tidak jorjoran seperti apa yang dilakukan Gubernur Papua.

- Kepulauan Riau
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad menjanjikan bonus uang tunai sebesar Rp350 juta untuk atlet peraih medali emas PON XX.

- Nusa Tenggara Barat
Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah juga telah siap menggelontorkan bonus uang tunai sebesar Rp300 juta untuk atlet peraih medali di ajang PON XX. Sedangkan untuk peraih medali emas akan ditambahkan bonus Rp100 juta.

- DKI Jakarta
Jika daerah lain menyebutkan nominal bonus untuk para atletnya, berbeda dengan DKI Jakarta. Tidak ada pernyataan khusus dari Gubernur DKI Jakarta untuk para atlet yang dikirimkan ke ajang PON XX.

Meskipun begitu, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran bonus sebesar Rp140 miliar untuk para atlet yang telah mengharumkan nama DKI Jakarta di ajang PON XX Papua.

2. Pekerjaan yang Layak
Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy mengungkapkan janji tak hanya uang, melainkan pekerjaan yang layak untuk para atlet yang berprestasi di ajang PON XX Papua.

"Yang belum mendapatkan pekerjaan akan dicarikan pekerjaan di instansi-instansi pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Jaminan mendapatkan pekerjaan yang layak menjadi sebuah iming-iming untuk para atletnya adalah sebagai bentuk jaminan bahwa tidak ada atlet asal Sumatra Barat yang tidak memiliki kepastian di masa depan terutama setelah tidak lagi menjadi atlet.

Tak hanya pekerjaan, pihaknya juga sudah menyiapkan bonus uang sebesar Rp200 juta untuk peraih medali emas dan membantu pembiayaan kuliah bagi atlet yang tidak bisa meneruskan ke jenjang perguruang tinggi.

3. Bonus Sepeda Motor
Bupati Morowali Utara, Sulawesi Tengah Delis Julkarson menjanjikan bonus sepeda motor kepada semua atletnya yang meraih medali emas di ajang PON XX Papua.

Bonus sepeda motor itu merupakan wujud penghargaan kepada para atletnya yang sudah berjuang mengharumkan nama daerahnya. 'Saya bersyukur ada warga Morowali Utara yang dapat mewakili Provinsi Sulteng," katanya.

Morowali Utara mengirimkan tiga atlet terbaiknya di cabang olahraga kick boxing yakni Zia Ulhaq kelas low kick 52 kilogram, Sigit Satia Tefa kelas low kick 67 kilogram, dan Abdul Rahman kelas low kick 60 kilogram.

4. Beasiswa Pendidikan
- Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution tak ketinggalan ikut memberikan janji kepada para atletnya yang sedang bertanding di ajang PON XX Papua. Bobby menjanjikan beasiswa pendidikan hingga magister kepada atletnya yang mewakili Sumatra Utara.

- Surakarta
Janji beasiswa pun disampaikan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho untuk sembilan mahasiswanya yang ambil bagian dalam kontingan PON XX asal Provinsi Jawa Tengah.

Untuk atlet yang meraih medali emas dijanjikan kuliah gratis hingga program doktoral, sementara atlet peraih medali perak akan mendapatkan kuliah gratis hingga magister. Sedangkan untuk atet yang meraih medali perunggu akan dibebaskan uang kuliah hingga program Strata 1 selesai.

- Kendari
Selain Rektor UNS, Rektor Universitas Halu Oleo Kendari, Muhammad Zamrun Firihu pun memberikan janji beasiswa kepada 24 mahasiswanya yang beprestasi di ajang PON XX bersama kontingan Sulawesi Tengah.

Berikut 10 besar klasemen PON XX Papua 2021 hingga Minggu (10/10/2021) petang
1. Jawa Barat meraih 82 emas, 66 perak, 72 perunggu dengan total 220 peraihan medali
2. Jawa Timur meraih 70 emas, 61 perak, 55 perunggu dengan total 186 peraihan medali
3. DKI Jakarta meraih 69 emas, 57 perak, 71 perunggu dengan total 197 peraihan medali
4. Papua meraih 61 emas, 32 perak, 61 perunggu dengan total 154 peraihan medali
5. Jawa Tengah meraih 18 emas, 32 perak, 36 perunggu dengan total 86 peraihan medali
6. Bali meraih 16 emas, 13 perak, 21 perunggu dengan total 50 peraihan medali
7. Riau meraih 14 emas, 16 perak, 15 perunggu dengan total 45 peraihan medali
8. Kalimantan Timur meraih 10 emas, 24 perak, 29 dengan total 63 peraihan medali
9. Lampung meraih 8 emas, 5 perak, 5 perunggu dengan total 18 peraihan medali
10. Banten meraih 7 emas, 9 perak, 20 perunggu dengan total 36 peraihan medali.
Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

PON XX jadi Momen untuk Kenalkan Jenis Olahraga dan Semangat Kompetitif pada Anak

Pekan Olahraga Nasional (PON) jadi sebuah momen kebanggaan bangsa Indonesia. Banyak hal yang bisa
berita-headline

Viral

Penutupan PON XX Papua: Simbol dari Kemajuan Olahraga Nasional

Kesuksesan pelaksanaan Pekan Olahraga NasionalĀ  Papua 2021 menjadi simbol kebangkitan bukan hanya
berita-headline

Viral

5 Atlet PON Asal DKI Terpapar Covid-19, Dokter Curiga Varian Baru

Sebanyak lima atlet PON XX asal Jakarta terpapar Covid-19 dan kini harus menjalani isolasi mandir
berita-headline

Viral

450 Orang Ditelusur Sebagai Kontak Erat dari 29 Kasus Positif Covid-19 di PON Papua

Tracing atau telusur kontak erat pada 29 kasus positif Covid-19 di Pekan Olahraga Nasional
berita-headline

Inersia

Nyalakan Api Tandai Dibukanya PON XX Papua, Ini Sosok Boaz Solossa

Pesepak bola nasional asal Bumi Cenderawasih, Boaz Solossa, menjadi sosok penyala api pesta olahr