https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   14 October 2021 - 01:41 wib

Infrastruktur 'Mubazir' Era Jokowi

Viral
berita-headline

(ist)

Presiden Joko Widodo sangat agresif membangun infrastruktur selama kepemimpinannya. Mulai dari bandara, pelabuhan, jalan tol, Light Rapid Transit (LRT), hingga kereta api cepat. Namun, sejumlah proyek yang dibangun mantan Wali Kota Solo itu banyak mengalami kerugian sehingga terkesan menjadi proyek mubazir.

Salah satu proyek infrastruktur Jokowi yang kontroversial yaitu pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Pembangunan yang pada mulanya tidak akan menggunakan dana APBN itu kini hanya tinggal janji. 

Rp4,1 triliun uang rakyat akan digelontorkan untuk membangun kereta cepat kerja sama dengan konsorsium China. DPR telah menyetujui penyertaan modal negara (PMN) dalam proyek itu, namun dengan catatan audit investigasi.

“Penggunaan APBN melalui skema PMN sudah dibahas di Komisi VI dan sudah masuk dalam UU APBN 2022. Ini sudah disahkan paripurna,” kata anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi kepada Inilah.com, Rabu (13/10/2021).

DPR ingin Badan Pemeriksan Keuangan hingga Komisi Pemperantasan Korupsi (KPK) terlibat dalam investigasi ini.

“Tinggal detail penggunaannya (APBN) nanti didalami lagi di DPR,” ujar Baidowi.

Jika pembangunan kereta cepat ini rampung, muncul kekhawatiran angkutan massal ini akan senasib dengan LRT Palembang, Bandara Kertajati, dan kawan-kawan. Menanggapi kekhawatiran ini, Baidowi enggan berspekulasi.

“Ya itu dilihat saja nanti,” ujarnya.

Sebagai informasi, LRT Palembang yang digadang-gadang menjadi ikon kebanggan nasional justru mengalami kerugian. Dibangun dengan biaya Rp10 triliun, angkutan itu kini harus menanggung beban biaya operasional atau rugi hingga Rp9 miliar per bulan. 

Selanjutnya beralih ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Bandara bertaraf Internasional yang dibangun dengan biaya Rp2,6 triliun ini kini sepi penerbangan. Bahkan untuk ‘mengakali’ kegiatan bandara, lapangan terbang itu kini dijadikan bengkel pesawat dan angkutan kargo.

Selanjutnya, pembangunan tol Cilincing-Cibitung yang dijual ‘rugi’ oleh anak PT Waskita Karya, yakni PT Waskita Toll Road atau WTR senilai Rp2,4 triliun. Padahal pembangunan tol ini menelan biaya 10,8 riliun. 

Namun jika dihitung, anak usaha Waskita Karya itu tidak rugi dengan melepas 55 persen sahamnya di PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways atau CTPPT. Dari hasil jual saham itu, WTR masih mencatatkan untung senilai Rp660 miliar. 

CTPPT merupakan perusahaan yang mengembangkan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34 kilometer. 55 persen saham CTPPT dimiliki WTR dan 45 persen dimiliki PT Akses Pelabuhan Indonesia (API). Total investasi yang mencapai Rp10,8 triliun berasal dari CTPPT 30 persen, dan pinjaman kreditur 70 persen.

CTPPT menggelontorkan dana investasi Rp3,24 triliun atau 30 persen dari total investasi, sedangkan pinjaman kreditur Rp7,56 triliun. Adapun WTR selaku pemegang saham mayoritas hanya menggelontorkan investasi sebesar Rp1,78 triliun. 

Jika dilego sebesar Rp2,44 triliun, maka WTR yang sebelumnya mengeluarkan modal Rp1,78 triliun, masih untung sekitar Rp660 miliar. 

Pada 7 Oktober 2021, WTR dan API menandatangani kesepakatan jual beli atas ruas Tol Cibitung-Cilincing. Setelah transaksi, API akan memiliki 100 persen saham CTPPT.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ratna Ningrum mengatakan, divestasi aset jalan tol ruas Cibitung-Cilincing berpotensi mengurangi beban utang perseroan hingga Rp5,82 triliun. 

"Jadi ini bukan Rp10,8 T dijual Rp2,44 T, tapi saham Rp1,78 T dijual Rp2,44 T,"  terang Baidowi.

Sejumlah proyek insfrastuktur lainnya seperti pembangunan tol juga sempat tersendat. Diantaranya pembangunan tol Serpong-Balaraja, tol Padang-Sicincin, tol Medan Binjai & Binjai-Langsa 1 serta tol Yogya-Solo.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Rawan Permainan, Pembelian Tol Mangkrak oleh BUMN Perlu Diaudit

Mantan Sekretaris Menteri BUMN, Muhammad Said Didu, mendorong agar seluruh BUMN karya diaudit. Te
berita-headline

Viral

Impian Besar Jokowi Selama Menjadi Presiden Diwujudkan Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, penggabungan PT Pelabuhan Indone
berita-headline

Viral

Jokowi Harap Akses untuk Vaksinasi Dipermudah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku setiap kunjungannya ke sejumlah daerah yang pertama kali di
berita-headline

Viral

Fintech Lagi Naik Daun, Jokowi Optimis Ekonomi Indonesia Bisa Lewati China dan India

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia dapat menjadi negara dengan ekonomi terbesar k
berita-headline

Viral

Pandemi Naik Turun Target Kapan Selesai Nihil, Seperti Menjaring Angin?

Ahli hukum tata negara Refly Harun menilai penanganan pandemi Covid-19 masih naik turun. Kapan ba