https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   14 October 2021 - 19:38 wib

Indonesia Siap Produksi Vaksin, Ogah Beli Lagi dari Luar Negeri

Pemerintah menyatakan kesiapan untuk memproduksi vaksin milik sendiri. Pemerintah juga siap untuk menghentikan pembelian vaksin melalui impor untuk mendorong produksi Vaksin Merah Putih.

"Kami dan Kementerian Luar Negeri mencoba mencari solusi untuk tidak lagi impor vaksin dengan berupaya menemukan Vaksin Merah Putih atau vaksin BUMN," kata Menteri BUMN Erick Thohir di acara Capital Market Summit & Expo, Kamis (14/10/2021).

Hal ini dilakukan pemerintah untuk menciptakan ketahanan kesehatan nasional. Namun dalam produksi vaksin ini pemerintah tetap tak bisa sendiri.

Erick menuturkan, produksi Vaksin Merah Putih akan menjalin kemitraan bersama berbagai pihak mulai dari universitas terbaik dalam dan luar negeri serta lembaga riset. 

Kementerian BUMN, sambung Erick, berkomitmen mendukung pemulihan kesehatan pada masa pandemi Covid-19, salah satunya megubah wisma atlet menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

“Kami bersama Kementerian PUPR juga telah mengonversikan Wisma Atlet Asean Games sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19 yang efeknya luar biasa," ujar Erick.

Kementerian BUMN bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah mengembangkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendukung pengendalian penyebaran Covid-19 serta memantau mobilitas masyarakat yang sudah divaksin.

"Karena hari ini bukan waktunya kita berdiri sendiri-sendiri tetapi harus kita bergotong-royong menjadi satu. Sehingga integrasi dengan NIK, data vaksinasi, data testing bisa menjadi hal solutif buat rakyat Indonesia maupun turis yang akan datang Indonesia," paparnya.

Sementara itu, data dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, per Kamis (14/10/2021), total vaksin yang dibeli atau diimpor pemerintah dalam berbagai merek baik bentuk jadi maupun bahan baku atau bulk berjumlah 282.490.700 dosis.

Kemudian Indonesia saat ini juga menjadi negara vaksinasi terbanyak peringkat kelima dunia. Satgas Covid-19 mencatat total vaksinasi ke-1 mencapai 104.308.702 orang, vaksinasi ke-2 60.422.073 orang, dan vaksinasi ke-3 atau booster mencapai 1.045.398 orang.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Kanal

Bangun Jembatan untuk Warga Desa Cikuya-Banten, Erick Thohir 'Izin' ke Penarik Getek

Dalam kunjungannya ke Desa Cikuya, Banten, akhir pekan lalu, Mente
berita-headline

Inersia

Dosis Ketiga Vaksin Sinovac Tingkatkan Efektivitas Melawan COVID-19

Studi terbaru untuk CoronaVac menunjukkan bahwa efektivitas perlindungan dari suntikan dosis keti
berita-headline

Kanal

Ketika Erick Thohir Kasih Surprise Anak Presiden

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kember
berita-headline

Viral

Impian Besar Jokowi Selama Menjadi Presiden Diwujudkan Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, penggabungan PT Pelabuhan Indone
berita-headline

Viral

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi Maju Kena Mundur Kena

Pemerintah memastikan kelanjutkan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung menggunakan Anggar