https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   23 August 2021 - 11:01 wib

Kenalkan KRI Golok, Kapal Canggih Kebanggaan Negeri

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menambah daftar kekuatan tempurnya dengan meluncurkan kapal cepat rudal, KRI Golok-688.

"Ini baru tahapan penamaan dan peluncuran dari galangan kapal ke laut. Kapal ini nantinya akan masuk ke jajaran TNI AL," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di galangan kapal PT Lundin Industry Invest, Banyuwangi.

KRI Golok merupakan kapal asli buatan Indonesia yang dirancang oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi.

"KRI Golok merupakan jenis kapal cepat rudal memiliki kecepatan tinggi dan nanti akan dilengkapi persenjataan dan rudal. Sebagai kapal cepat rudal, geraknya harus berkecepatan tinggi, yang tugasnya hit and run," ujar Yudo.

Setelah diluncurkan, kapal cepat tersebut akan dilakukan uji coba hard and shut untuk tahap penyempurnaannya sebelum diserahkan ke TNI AL."Kapal ini baru 93 persen. Bulan Oktober ini finish, kemudian diserahkan ke AL," kata perwira tinggi TNI AL bintang empat tersebut.

KRI Golok akan ditempatkan di wilayah yang rawan dan strategis untuk menjaga wilayah Indonesia, seperti di Natuna dan Ambalat. KRI Golok diambil dari nama sebuah senjata tradisional Nusantara yang dikenal sebagai senjata serba guna.

"Dinamai senjata, karena KRI Golok merupakan jenis kapal cepat yang harapannya bisa digunakan melaksanakan setiap tugas operasi militer, baik perang maupun non-perang dengan kecepatan tinggi," ujarnya.

Spesifikasi KRI Golok

Kapal tempur anyar ini mengusung teknologi  bahan komposit serat karbon yang membuatnya sulit dideteksi oleh radar musuh. Selain itu bahan komposit membuatnya lebih ringan, serta mempunyai ketahanan lelah dan ketahanan korosi yang sangat baik.

Selain itu, KRI Golok merupakan kapal trimaran berdesain khusus berbentuk lancip yang dirancang untuk melaju cepat.

KRI Golok-688 jenis KCR Trimaran memiliki spesifikasi panjang seluruhnya (Loa) 62,53 meter, lebar 16 meter, tinggi kapal dari draft 18,7 meter dengan bobot 53,1 ton. Kecepatan maksimum 28 knots, kecepatan jelajah 16 knots, kapal perang ini juga dipersenjatai meriam 30 mm dan senapan 12,7 mm serta mampu mengangkut 25 ABK.

"Makna filosofis dari pemberian nama kapal ini adalah hendaknya KRI Golok-688 dapat digunakan untuk melaksanakan setiap tugas operasi yang diberikan, baik Operasi Militer untuk Perang (OMP), maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Laksamana Yudo.

PT. Lundin Industry Invest sendiri merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi pengadaan alutista industri pertahanan TNI untuk memberikan solusi agar tak ketergantungan dari negara lain. PT. Lundin Industry Invest adalah perusahaan yang bergerak di perangkat sistem senjata alutsista swasta di Indonesia, asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

21.268 TNI-Polri Kawal PON XX Papua

Sedikitnya 21.268 personel gabungan dari TNI dan Polri mengamankan jalannya pelaksanaan Pekan Ola
berita-headline

News

Polri Diharapkan Bekerja Lebih Ekstra Tahun 2020

INILAHCOM, Jakarta - Esok, tahun 2019 akan berganti menjadi tahun 2020. Disitu pula ki
berita-headline

Viral

Kronologi Anggota TNI Dibunuh di Depok

Seorang Prajurit TNI bernama Yorhan Lopo ditemukan meninggal dunia dengan kondisi luka tusuk.
berita-headline

Kanal

Di Hari Jadi TNI, Waket DPD RI Dorong Kolaborasi TNI-Pemda Jaga Ketahanan Ekosistem Hutan

Laju degradasi lingkungan hidup khususnya deforestrasi hutan secara nyata telah menyebabkan teran
berita-headline

Viral

Jokowi Tidak Punya Pakem Rotasi untuk Calon Panglima TNI

Presiden Joko Widod