https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   26 August 2021 - 06:28 wib

Mengintip Kesiapan Venue Jelang Pertandingan Liga 1

PT Liga Indonesia telah mengonfirmasi kelayakan dari tiga stadion sebagai venue  pertandingan untuk menyambut tiga laga pekan perdana BRI Liga 1 2021-2022. Pada pelaksanaan kompetisi, PT LIB selalu operator liga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan ketat agar tidak muncul kluster penyebaran Covid-19 baru.

Ketiga stadion itu ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor, Jawa Barat), serta Stadion Indomilk Arena (Tangerang, Banten). Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi lokasi duel Bali United, sang juara bertahan, melawan Persik Kediri, Jumat (27/8).

Adapun Stadion Pakansari akan menjadi tempat laga Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/8), dan pertandingan Bhayangkara FC kontra Persiraja Banda Aceh berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Minggu (29/8). Semua laga itu dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB.

Dilansir dari laman PSSI, dalam rangka menyiapkan laga pembuka, Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita melakukan pengecekan akhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (25/8) siang. Lokasi utama yang menjadi pemantauan tim PT LIB adalah akses pintu masuk, baik untuk para pemain, tamu undangan, maupun awak media.


Dalam proses itu, PT LIB hadir bersama tim dari Kementerian Kesehatan untuk menetapkan lokasi penempatan barcode aplikasi PeduliLindungi yang akan menjadi syarat masuk stadion. Di pintu masuk utama SUGBK yang merupakan pintu untuk tribune naratama (VIP) akan tersedia empat lokasi barcode. Adapun di pintu menuju ruang ganti pemain dan tribune media akan terdapat masing-masing dua papan barcode.

Tak hanya itu, PT LIB dan Kemenkes juga menetapkan dua titik yang akan digunakan untuk melangsungkan tes usap antigen bagi setiap individu yang akan masuk ke dalam lokasi pertandingan.

Di tribune naratama akan diberlakukan jaga jarak. Dari 126 kursi di tribune tersebut, hanya 30 persen yang bisa terisi. PT LIB akan membuat garis penanda larangan beberapa kursi yang tidak bisa diduduki. Garis pembatas akan berlaku pula di tribune media.

Persiapan ketiga stadion itu disebutkan sudah memasuki tahap akhir dan hanya perlu melengkapi beberapa detail di dalam stadion untuk memastikan protokol kesehatan disiplin diterapkan oleh semua pihak di lingkungan lokasi pertandingan. 

Selain dari sisi kesehatan, PT LIB juga melibatkan Telkom Indonesia untuk menyiapkan jaringan internet di ketiga stadion itu. Tiga petugas Telkom Indonesia hadir pula di SUGBK untuk memasang instalasi jaringan Wi-Fi di tribune media. Pengecekan juga dilakukan di ruang taklimat pers yang akan menyelenggarakan konferensi pers secara daring.

Untuk para pemain, pihak operator pertandingan telah menyiapkan gelembung (bubble) khusus guna meminimalkan kontak yang dilakukan kedua tim. Lorong pemain akan dibuat sekat agar para pemain dari kedua tim tidak melakukan kontak sebelum masuk ke lapangan.

Dalam kesempatan terpisah, bek sayap Bali United, Gavin Kwan Asdit, merasa beruntung timnya bisa sebagai pembuka liga bisa bermain di SUGBK, yang merupakan stadion termegah di Indonesia. Ia pun menjamin seluruh skuad ”Serdadu Tridatu” akan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar Liga 1 bisa berjalan tanpa kendala. Bali United telah tiba di Jakarta, Rabu (25/8) siang.


”Senang bisa bertanding di SUGBK karena stadion itu memiliki makna istimewa bagi pesepak bola Indonesia meskipun laga nanti tanpa penonton. Saya pikir SUGBK memiliki segalanya untuk menjamin laga berjalan dengan baik sesuai prokes (protokol kesehatan), seperti lapangan bagus, lingkungan nyaman, dan penerapan keamanan yang lebih ketat,” kata Gavin, dilansir laman Bali United.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Prokes Ketat Jadi Kunci Sukses Gelaran Awal BRI Liga 1

Tiga laga pembuka BRI Liga 1 2021-2022 telah membuktikkan kompetisi sepak bola bisa menjalani pro
berita-headline

Inersia

Hasil Undian Grup Piala AFF 2020: Indonesia Jumpa Vietnam

Undian Piala AFF 2020 sudah resmi dilaksanakan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Selasa.Hasil
berita-headline

Inersia

PSSI Syukuri Timnas Tembus ke Kualifikasi Piala Asia 2023, Ingatkan Terus Jaga Kekompakan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur timnas Indonesia lolos ke babak kualifikasi Piala Asi
berita-headline

Viral

Menteri BUMN dan Ketum PSSI Resmi Buka Liga 1 2021/2022

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Umum PSSI Mochmad Iriawan resmi me
berita-headline

Viral

Pembukaan BRI Liga 1 Jadi Momen Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Keadaan lancarnya pertandingan pembuka BRI Liga 1 Indonesia 2021-2022 antara Bali United versus P