https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   28 August 2021 - 09:40 wib

Bea Cukai di Maluku Asistensi Para Pelaku Usaha

Bea Cukai di Maluku terus berupaya menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi dengan melaksanakan asistensi dan berusaha menggandeng para pelaku usaha dari daerah untuk memasarkan produknya ke mancanegara.

Kantor Bea Cukai Ambon, pada Kamis (26/08) melaksanakan koordinasi dan asistensi ke CV Berkat Abadi (produsen sirup pala dan anggur pala) dan CV Alfa Blessing (produsen minuman herbal dan minyak astiri yang bahan bakunya berupa rempah-rempah).

Ketua Tim Dukung Percepatan Ekspor Bea Cukai Ambn, Dwi Yogo Hardianto menjelaskan  dalam asistensi tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan salah satunya yaitu berdiskusi terkait permasalahan yang dialami para pelaku usaha serta menginformasikan cara-cara agar para pelaku usaha dalam negeri dapat mengekspor hasil produksinya.

“Diharapkan setelah adanya kunjungan asistensi ini kerjasama dan sinergi antara Bea Cukai dan para pelaku usaha dapat membantu para pelaku usaha untuk mewujudkan ekspor produk yang dihasilkan UKM dengan kemudahan layanan dan berbagai media sarana yang dapat digunakan oleh para pengguna jasa,” ujar Dwi.

Kemudian dari daerah Tual, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, bersama Kepala Kantor Bea Cukai Tual, Hari Setiayadi melakukan kunjungan ke perusahaan yang bergerak di bidang perikanan, PT Rezeki Samudera Abadi, dan bidang usaha hasil lobster UD Puteri Desi di Kabupaten Kepulauan Aru, Dobo, dalam rangka mendorong potensi komoditi ikan dan lobster sebagai komoditi ekspor langsung dari wilayah Dobo.

Erwin menyampaikan bahwa Bea Cukai berkomitmen untuk terus berperan aktif bersama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dalam mendorong peningkatan ekspor komoditi SDA wilayah Kabupaten Kepulauan Aru guna meningkatkan perekonomian daerah. “Bea Cukai memberikan fasilitas insentif fiskal dan simplifikasi layanan prosedur pelayanan dan pengawasan ekspor agar perusahaan yang memproduksi, mengolah dan mengemas produk unggulan SDA dari wilayah Dobo bisa meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing produk sebagai keunggulan komperatif sehingga bisa dipasarkan dan diekspor keluar negeri,” tuturnya.

Sementara itu di Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar Tual, Hari Setiayadi didampingi Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Suasmadi menghadiri acara pembinaan pelaku usaha ekspor yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tual.

Walikota Tual, Adam Rahayaan mengatakan berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya kegiatan ekspor langsung yaitu jarak tempuh yang lebih cepat dan efisien, penghematan biaya operasional, devisa diterima lebih cepat, kualitas produk lebih terjaga, membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja.

“Semua infrastruktur di kota Tual sudah mendukung, sehingga langkah ke depan kita harus menguatkan kerjasama dan sinergi dalam menyukseskan program percepatan ekspor, serta pembinaan pelaku usaha ekspor dengan memberikan penyuluhan dan asistensi yang lebih dekat sehingga dapat menjembatani semua kendala para pelaku usaha ekspor,” himbau Adam.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Operasi Pasar Menjadi Cara Bea Cukai Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

Sebagai bentuk pelayanan yang maksimal dan menjalankan fungsi sebagai Community Protector, Bea Cu
berita-headline

Viral

Optimalkan Tugas Pengawasan, Bea Cukai Gandeng Berbagai Instansi

Bea Cukai kembali menjalin sinergi dengan instansi dan pihak lain dalam upaya mengoptimalkan tuga
berita-headline

Kanal

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Polri, Imigrasi, dan TNI

Egosentrisme lembaga menjadi satu hal yang harus dihindari oleh segenap instansi pemerintah, tak
berita-headline

Viral

Tak Berizin, Barang-barang Ini Dimusnahkan Bea Cukai Pasar Baru

Bea Cukai Pasar Baru gelar acara pemusnahan barang-barang hasil penindakan yang telah berstatus s
berita-headline

Kanal

Tak Terhalang Pandemi, Bea Cukai Lepas Ekspor di Tiga Tempat

Pandemi Covid-19 membuat seluruh negara di dunia mengalami pelemahan ekonomi dan perdagangan, tak