https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   30 August 2021 - 14:27 wib

Sinergi Orang Tua dan Guru Dibutuhkan untuk Sukseskan PTM

Mulai hari ini Senin(30/08), 610 sekolah di Jakarta mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas tahap I. Sejumlah sekolah memastikan kesiapan penyelenggaraan, tetapi kondisi dari adaptasi kebiasaan baru, SOP atau protokol adaptasi dan juga faktor pendukung lainnya mesti diperhatikan.

Pemerhati Pendidikan dari Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Anggi Afriansyah mengingatkan pemerintah terkait pembelajaran tatap muka (PTM) untuk sekolah harus menjamin keamanan siswa dan guru. Untuk itu ia menilai diperlukannya partisipasi yang dibangun dengan tripusat pendidikan (guru, orang tua dan anak) agar komunikasi dan koordinasi dilakukan secara efektif.

"Kepala sekolah, guru dan orang tua harus memahami bahwa kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemi tidaklah sama belajar di masa normal, jadi jangan sampai jeda waktu yang panjang akibat kangen dengan teman kemungkinan berkerumun ini terjadi di sekolah patut dihindari " ujar Anggi kepada Inilah.com, Senin (30/08)

Untuk itulah, dia meminta Dinas Pendidikan dan Kesehatan agar bisa memastikan pemenuhan daftar periksa di setiap satuan pendidikan, memantau dan mengevaluasi PTM terbatas yang dilaksanakan.

Termasuk memastikan anak didik telah benar-benar dipahamkan tentang protokol kesehatan sejak dari rumah, selama perjalanan, di sekolah maupun sebaliknya. Kesiapan fisik sekolah seperti sarana sanitasi dan kebersihan, kesiapan menerapkan masker dan memiliki thermogun, fasilitas pelayanan kesehatan, sampai kepada peraturan pembelajaran di sekolah yang terintegrasi dengan kesepakatan dengan orangtua.

Misalnya peraturan mengantar dan menjemput anak, pengaturan jarak tempat duduk, pembatasan jumlah siswa perkelas, dan hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan anak di sekolah.

"Evaluasi harus dilakukan secara kontinu tiap minggu dalam rangka menilai dampak pembelajaran tatap muka, sehingga dapat dilakukan kebijakan pemberhentian sementara jika berdampak buruk," paparnya.

Anggi juga menekankan Sekolah harus terus melakukan monitoring dan evaluasi atas keterlaksanaan pembelajaran tatap muka yang dipadukan dengan pembelajaran daring sehingga pihak sekolah dan dinas pendidikan memiliki data pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang terukur aman dan bermakna.

Diketahui dalam SK yang keluar 27 Agustus 2021, dasar pembelajaran yang hendak menjajaki PTM terbatas wajib menaati aturan kesehatan yang kencang dan melaksanakan penilaian dengan cara teratur.

Dari 610 dasar pembelajaran yang masuk dalam catatan itu, sebesar 138 sekolah telah sempat mengadakan percobaan coba PTM semenjak Juni, namun terhambat sebab lonjakan permasalahan Covid-19.

Setelah itu 85 sekolah sudah mengadakan mengadakan penataran kombinasi (blended learning), ialah PTM serta penataran daring sekalian sepanjang 2 minggu.

Tidak hanya itu, terdapat 372 sekolah yang telah penuhi catatan isian dari Departemen Pembelajaran, Kultur, Studi serta Teknologi, selaku ketentuan mengadakan percobaan coba PTM sampai Desember kelak.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Ini Sanksi Sekolah Tatap Muka yang Langgar Prokes

Sedikitnya 610 sekolah yang tersebar di DKI Jakarta mulai besok, Senin (30/8/2021) akan melaksana
berita-headline

Viral

Berburu Seragam Sekolah Jelang Penerapan PTM

Kondisi tidak biasa terlihat di toko penjualan seragam dan perlengkapan sekolah Pasar Jatinegara,
berita-headline

Viral

Sekolah Tatap Muka di Bekasi Terapkan Ganjil-Genap

Tak hanya untuk pengendara roda empat, aturan ganjil-genap ternyata juga diterapkan sekolah di ko
berita-headline

Viral

Sekolah Tatap Muka Diharap Bentuk Satgas Covid-19

Dengan dimulainya sekolah tatap muka di wilayah PPKM Level 1-3 tentu membuat kekhawatiran orangtu
berita-headline

Viral

Ada Siswa Terpapar Covid-19, Sekolah Wajib Tutup 3 Hari

Saat ini sejumlah daerah telah melakukan sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM) te