https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   31 August 2021 - 12:46 wib

Upaya Pemuda Pancasila-Indika Foundation Berantas Covid-19

Krisis akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah membuat masyarakat mengalami tekanan. Hal ini membuat salah satu ormas tertua dan terbesar di Indonesia Pemuda Pancasila bekerja sama dengan Indika Foundation membentuk Gugus Tugas Nasional (GTN) Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19. Kolaborasi kemanusiaan antara MPN PP dengan Indika Foundation ini telah berjalan setahun lebih.

Sejak dicanangkan pertengahan tahun lalu, Satgas ini telah membentuk satuan relawan sampai tingkat MPC/Kabupaten di seluruh MPC Pemuda Pancasila di 13 titik di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi). Ribuan relawan yang digalang dari kader ini memiliki tugas sebagai ujung tombak pelaksana teknis kegiatan kemanusiaan ini.

Menurut Sekjen GTN sekaligus Sekjen MPN Pemuda Pancasila Arif Rahman, selama tahun 2020 ini GTN telah menyalurkan ratusan ribu paket sembako ke sejumlah kota di Indonesia dengan sasaran utama masyarakat yang secara ekonomi terdampak langsung. Pembagian sembako ini merupakan wujud solidaritas GTN terhadap masyarakat akibat Covid19, sekaligus sebagai upaya jaring pengaman sosial terhadap masyarakat terdampak.

“GTN juga secara aktif mendukung program 3 M pemerintah dengan membagikan jutaan masker dan hand sanitizer, melakukan disinfeksi di sejumlah kawasan yang membutuhkan. Selain itu, juga melakukan pembagian sejuta sajadah disinfektan untuk melancarkan warga untuk beribadah di masa pandemi ini,” papar Arif dalam keterangan yang diterima INILAHCOM, Selasa (31/08).

Memasuki masa vaksinasi di pertengahan tahun ini, GTN Pemuda Pancasila dan Indika Foundation juga membuka sejumlah sentra-sentra vaksinasi di sejumlah kota terutama yang masih zona merah. Arif mengaku memobilisasi seluruh kader Pemuda Pancasila untuk menjadi pelopor dalam vaksinasi.

“Target kita, 13 daerah yang menjadi titik fokus kegiatan GTN ini segera memenuhi kriteria herd immunity, salah satu caranya adalah dengan menggenjot jumlah penerima vaksin di daerah-daerah yang ditentukan,” papar Arief. Jika 13 titik ini bisa menuju herd immunity, diharapkan ini memicu efek domino untuk mempercepat herd immunity nasional.

Arif yakin, jika gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh MPN Pemuda Pancasila dan Indika Foundation ini tidak bergerak sendiri. Melainkan merupakan bagian dari gerakan besar rakyat Indonesia dalam melawan Covid19. Untuk itu dia menyerukan komponen bangsa terutama yang memiliki potensi untuk bertidak lebih baik dan lebih masif untuk sama sama berkolaborasi dalam gerakan kemanusiaan ini.

“Kami mengundang BUMN dan perusahaan swasta melalui program CSRnya, agar sementara ini fokus dalam program penanggulangan Covid. Kami terbuka untuk kolaborasi kemanusiaan dengan pihak masa saja. Apakah itu CSR perusahaan ataupun rekan-rekan Ormas Pemuda di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap Gugus Tugas Nasional (GTN) Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19 bisa menjadi role model kolaborasi partisipatif antara swasta/BUMN, pemerintah dan Ormas Pemuda saling memberdayakan diri dalam kerangka tugas kemanusiaan melawan Covid19.

“Kami menyadari, kerja-kerja yang kami lakukan masih tergolong kecil dibanding dengan lanskap nasional pemberantasan Covid19. Namun, kami berharap gerakan yang kecil ini mampu menginspirasi gerakan kolaborasi kemanusiaan nasional yang lebih besar, masif dan terstruktur,” pungkasnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Tiga Solusi Panduan Hidrasi Saat Berolahraga

Konsumsi air sangat baik bagi fungsi sel dan sistem kekebalan tubuh manusia. Manfaat air bagi tub
berita-headline

Inersia

Jakarta Kendalikan Covid Layaknya Avengers

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut keberhasilan pengendalian Covid19 di Jakarta merupak
berita-headline

Viral

'Jangan Takut Tuan-Tuan Ini Cuma Street Art'

Mural bertuliskan 'Tuhan Kami Lapar' yang bersanding dengan kalimat 'Jangan Takut Tuan-Tua
berita-headline

Viral

Pemerintah Genjot Vaksinasi Pekerja

Pemerintah terus menggenjot percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air
berita-headline

Viral

Dokter Reisa, Sudah Vaksin Jangan Abai Prokes

Juru bicara Penanganan covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan