Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Viva Yoga: Komitmen KIB Bangun Demokrasi Konstitusional

Kamis, 09 Jun 2022 - 16:10 WIB
0605 013638 5797 Inilah.com  - inilah.com
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berkomitmen membangun demokrasi konstitusional. Foto: inilah.com/Agus Priatna

Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi Partai Golkar, PAN dan PPP dianggap CSIS (Centre for Strategic and International Studies) sebagai koalisi yang strategis. Ini karena koalisi tersebut sudah memenuhi persyaratan dukungan 20% pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Menanggapi pandangan ini, PAN sebagai anggota KIB, mengapresiasi sikap positif CSIS tersebut. “Sebagai lembaga think tank, pernyataan CSIS tentu berdasarkan pada analisis mendalam tentang beberapa program atau kebijakan partai politik untuk kemajuan demokrasi dan peningkatan kualitas sistem kepartaian dengan tujuan memperkuat sistem presidensial di Indonesia,” ujar Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi, di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Baca juga
Pembangunan Nasional Berkesinambungan, Prabowo-Jokowi Didorong Maju Pilpres 2024

Viva Yoga juga menyatakan penilaian CSIS dan beberapa lembaga serta pengamat politik lain yang menganggap positif pembentukan KIB karena beberapa hal pokok. “Misalnya karena adanya persamaan cita-cita untuk menunaikan janji Kemerdekaan RI sebagaimana termaktub di Pembukaan UUD 1945 melalui jalan demokrasi konstitusional,” lanjutnya.

Menurut Viva Yoga, cita-cita itu kemudian diturunkan ke dalam platform yang memperjuangkan politik gagasan, ide, dan pemikiran, sebagai landasan prinsip melalui proses-proses politik yang mencerdaskan, menggembirakan, menyejahterakan, memakmurkan, dan berkeadilan.

“Itulah yang menjadi salah satu dasar pendirian dari KIB,” tuturnya lagi.

Menurut Viva Yoga pembentukan KIB ini melalui komunikasi yang prosesnya sudah berlangsung lama. “Ada kecocokan. Apalagi ketiga ketum partai adalah kawan semasa menjadi anggota DPR RI,” ucapnya

Baca juga
Punya 10 Ormas Sayap Partai, Airlangga Optimis Golkar Menang Pemilu 2024

Ia juga menegaskan adanya komitmen kuat dari tiga partai itu dalam membentuk KIB. Salah satu, pertimbangannya adalah kesamaan platform dan perjuangan politik, sama-sama sebagai partai politik yang ingin membangun demokrasi konstitusional.

“Basis KIB ya kumpulan dari basis masing-masing partai. Terjadinya basis konstituen itu karena ada ikatan ideologi dan militansi pemilih,” tuturnya.

Viva Yoga juga menyatakan ikatan di KIB adalah saling menguatkan dan saling menambah kekuatan politik. “Kebersamaan ini telah memenuhi persyaratan presidensial threshold di Pilpres 2024 nanti,” kata Viva Yoga.

Tinggalkan Komentar