Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Voxpol Center: Masyarakat Jenuh dengan Sosok Pemimpin Sederhana

Senin, 04 Jul 2022 - 14:07 WIB
Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi S Chaniago. Foto: Ant/dok. pribadi
Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi S Chaniago. Foto: Ant/dok. pribadi

Analis politik, Pangi Syarwi Chaniago, mencermati soal kemungkinan perubahan selera masyarakat atas figur pemimpin nasional. Menurut dia, ada kemungkinan publik jenuh dengan sosok pemimpin yang sederhana, sehingga memilih tokoh dengan kriteria gagah dan berwibawa pada Pemilu 2024.

“Itu bisa saja kebosanan publik. Nah kalau antitesisnya itu bisa saja kalau masyarakat bosan dengan sosok yang sederhana dan merakyat misalnya, mereka bisa saja ganti selera. Biasanya mengobati kerinduan masa lalu,” kata Pangi di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Menurut dia, berdasarkan survei yang dilakukan lembaganya, sementara ini ada tiga nama populer untuk calon presiden yakni Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga
Anies Layak Presiden, Nasdem Dorong Sahroni Cagub DKI di 2024

CEO dan pendiri sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu berkomentar tentang kemungkinan perubahan kecenderungan selera figur pemimpin yang diinginkan masyarakat pada Pemilu 2024, termasuk soal karakter figur itu, di antaranya sosok pemimpin yang perhatian, dekat, dan mampu mengatasi berbagai persoalan mendesak masyarakat.

Pangi mengatakan figur pemimpin yang dimaksud itu adalah yang dekat, peduli, dan mampu mengatasi persoalan-persoalan mendesak masyarakat seperti pengangguran masih masuk kriteria mereka saat ini. “Yang dirangkum, dapat tiga itu cukup menonjol dibandingkan yang lain,” ucapnya.

Tinggalkan Komentar