Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

VW Gandeng Perusahaan Tambang Belgia Produksi Bahan Baku Baterai Listrik

Senin, 26 Sep 2022 - 22:49 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
VW Gandeng Perusahaan Tambang Belgia Produksi Bahan Baku Baterai Listrik
Kendaraan Listrik VW/ Foto: ist

Perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen atau VW menggandeng perusahaan tambang Belgia Umicore guna memproduksi bahan baterai untuk kendaraan listrik.

Mengutip dari AFP, VW melalui anak perusahaan baterainya, PowerCo dan Umicore akan bekerja sama dalam proyek ini. Total investasi dari proyek ini mencapai 3 miliar euro atau sekitar Rp43,8 triliun.

“Dengan usaha patungan, Volkswagen bertujuan untuk memproduksi bahan baterai untuk 2,2 juta mobil listrik penuh per tahun pada akhir dekade,” ujar VW, Senin (26/9/2022).

VW sendiri memang berambisi untuk beralih ke kendaraan listrik karena mereka sudah menghabiskan puluhan miliar guna memuluskan proyek ini, sambil membuka pabrik baterai di seluruh Eropa. Selain itu, VW juga tengah mempercepat transisinya ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Baca juga
Foto: Deretan Motor Listrik Mejeng di Ajang Otomotif IEMS 2022

Dengan membawa lebih banyak rantai pasokan produksi baterai di dalam perusahaan, VW juga berharap dapat mengurangi ketergantungannya pada pemasok Asia untuk melengkapi berbagai model mobil barunya.

“Pendirian usaha patungan itu merupakan langkah maju baru… untuk menjaga Eropa lebih mandiri dan lebih tahan, lebih tangguh dalam rantai pasokan (kendaraan listrik),” kata Thomas Schmall, kepala dewan pengawas PowerCo, dalam konferensi pers.

Rencananya perusahaan akan memulai produksinya pada 2025 dan sebagai awal untuk memasok pabrik baterai andalan VW di Salzgitter, Jerman.

Situs, dekat dengan rumah bersejarah Volkswagen di Wolfsburg, adalah yang pertama dari enam pabrik baterai yang dibangun oleh raksasa mobil di Eropa. Selain itu ada juga instalasi lainnya yang direncananya dibangun yakni di Amerika Serikat (AS).

Baca juga
Genjot Pariwisata Ramah Lingkungan, PLN Bangun 27 Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Destinasi Wisata

Dengan kemitraan Umicore, VW berharap dapat menutupi sebagian besar pasokan untuk armada pabrik baterainya di Eropa.

“Usaha baru di pasar yang berkembang adalah kesempatan untuk melompati persaingan,” kata CEO Umicore Mathias Miedreich, menekankan bahwa skala produksi yang direncanakan membuatnya “unik”.

Sementara Joerg Teichmann, kepala pengadaan PowerCo, mengatakan pihaknya dan Umicore harus bersama-sama memenuhi volume pasokan yang dibutuhkan oleh VW guna mendorong kendaraan listrik.

Tinggalkan Komentar