Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Wacana Gibran dan Bobby Maju Pilgub DKI 2024 Upaya Membangun Dinasti Politik

Jumat, 24 Jun 2022 - 19:59 WIB
Gibran Bobby cagub pilgub dki - inilah.com
kolase

Anak dan menantu Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution meramaikan bursa calon Gubernur DKI Jakarta di Pilgub DKI 2024.

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai hal itu sebagai langkah membangun dinasti politik. Meski baru sebatas wacana, Gibran dan Bobby semestinya dapat menjaga konflik kepentingan sebagai keluarga Presiden.

“Bagian dari bentuk dinasti politik yang sedang dibangun oleh Jokowi sehingga apa boleh buat, kita menyaksikan keluarga, punya kekuasaan akan dibangun sampai anak cucunya termasuk keluarga Jokowi,” kata Ujang kepada inilah.com, Jumat (24/6/2022).

“Saya kira Gibran dengan Bobby, itu dua-duanya maju di Pilgub DKI itu tidak mungkin. Salah satunya saja. Saya melihat salah satunya akan maju ya kita tahulah dinasti politik itu berkembang sejak dulu, seperti itulah yang terjadi di kita perkembangan dinasti politik termasuk Gibran maju sebagai calon Gubernur di DKI Jakarta,” tambahnya.

Dinasti politik, kata Ujang, menjadi instrumen yang digunakan dalam merebut kekuasaan. Sehingga, secara sadar atau tidak, Jokowi membangun kekuatan politik melalui keluarga yang didistribusikan ke jabatan politik.

Baca juga
Survei: 83,3 Persen Responden Puas dengan Kinerja Menko Airlangga

“Dan kita melihat, suka tidak suka, dinasti politik kita sudah tumbuh menjadi kekuatan politik tersendiri dan akhirnya kita menyaksikan episode banyak dinasti politik dan oligarki politik yang muncul,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar