Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Wagub Ariza Tegaskan JIS Standar Internasional!

Senin, 12 Sep 2022 - 16:08 WIB
Wagub Ariza Tegaskan JIS Standar Internasional!
Wagub Ariza (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria angkat bicara terkait PSSI yang menyebut Jakarta International Stadium (JIS) tak layak menyelenggaraan pertandingan internasional.

Ariza sapaan akrabnya menilai, JIS merupakan stadion yang sudah memenuhi standar kelayakan internasional. Namun, jika memang terdapat beberapa kekurangan, Ariza menjamin akan segera menyempurnakan.

“PSSI ingin JIS itu memenuhi standar internasional. JIS (sudah) dibuat sedemikian, tidak hanya bagus dan lain-lain. Juga memenuhi standar internasional,” tegas Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (12/9/2022) siang.

“Memang ada beberapa yang harus disempurnakan dan akan kita sempurnakan,” sambungnya.

Ariza kembali menegaskan, bahwa pihaknya tak tutup telinga dengan keluhan dan masukan PSSI terkait fasilitas yang ada di JIS. Dia menyebut akan menjadikan komentar tersebut sebagai bahan evaluasi.

Baca juga
Anies Sembelih Sendiri Sapi Kurban Seberat 1 Ton di Lebak Bulus

Sebelumnya, PSSI menganggap JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur, terkhusus di area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter.

’Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% – 50% – 75% – 100% dari perhitungan maximum safety capacity,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Yunus menambahkan untuk ukuran JIS yang begitu megah hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat itu dinilai sangat riskan.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS pun telah berkomentar terkait hal ini. Jakpro menegaskan jika JIS telah berstandar FIFA.

Baca juga
PSSI Pastikan Timnas Lawan Bangladesh pada Laga Persahabatan FIFA

Hal ini berdasarkan kelengkapan beberapa faktor baik dari segi fasilitas, infrastruktur, serta memenuhi rekomendasi, teknis dan persyaratan hingga penyediaan fasilitas hospitality.

Jakpro menyebut desain JIS dirancang oleh sosok bernama Buro Happold yakni konsultan perencana dari Inggris, yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepak bola modern seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

Tinggalkan Komentar