Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Wagub Riza: DKI Jakarta Jadi Prioritas Vaksinasi Booster

Wagub Riza
(ist)

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa DKI Jakarta kini menjadi salah satu provinsi prioritas untuk pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga (booster) karena tingkat penularan COVID-19 yang tinggi.

“Jakarta termasuk yang diprioritaskan untuk pelaksanaan percepatan vaksin ‘booster’,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Ia mengungkapkan sejak dilaksanakan pada 12 Januari 2022 hingga saat ini, total warga di DKI Jakarta yang sudah divaksinasi dosis ketiga mencapai 164 ribu orang.

Riza mengimbau warga Jakarta, khususnya kelompok lanjut usia (lansia) yang sudah mendapatkan dua kali vaksin, untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga.

Baca juga
Jumlah Kasus Omicron di Indonesia Jadi 68 Orang

“Penting vaksin booster ini khususnya bagi orang tua khususnya lansia setelah itu orang tua yang dewasa dan seterusnya,” ucapnya.

Sedangkan soal kebutuhan vaksinasi, Riza mengaku bahwa pemerintah pusat menjamin kebutuhan vaksinasi dosis ketiga bagi warga DKI.

“Yang pasti pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan menjamin kebutuhan akan dosis atau vaksin untuk booster disiapkan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mencatat sasaran vaksinasi dosis ketiga untuk warga berusia di atas 18 tahun ke atas di DKI Jakarta mencapai sekitar 8 juta orang.

“Vaksinasi booster untuk usia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia dan warga dengan komorbid,” kata Widyastuti.

Baca juga
Alasan Sakit, Bendum PBNU Dua Kali Mangkir di Sidang Suap Tanah Bumbu

Saat ini, distribusi vaksin untuk booster di Jakarta masih terus dilakukan secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan sasaran sebanyak 8 juta orang.

Tak hanya di Puskesmas, fasilitas kesehatan juga termasuk yang dikelola TNI dan Polri termasuk kolaborator dalam mendukung vaksinasi.

Puskesmas di tingkat kecamatan saat ini sudah menerima vaksinasi dosis ketiga meski dengan kuota terbatas dan jam operasional berbeda di antara puskesmas yang lain.

 

Tinggalkan Komentar