Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Waketum Golkar: Pernyataan Pak Akbar Tandjung Soal Anies Hanya Ucapan Selamat

Kamis, 06 Okt 2022 - 00:20 WIB
Waketum Golkar: Pernyataan Pak Akbar Tandjung Soal Anies Hanya Ucapan Selamat
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung/ ist

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung menegaskan, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung masih konsisten mendukung keputusan Munas dan Rapimnas Golkar yang memutuskan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres).

Menurut Doli, pernyataan dukungan Akbar Tandjung untuk Anies Baswedan hanya pernyataan normatif sebagai ucapan selamat karena sudah diusung Nasdem sebagai capres.

“Sebetulnya, itu hanya pernyataan normatif saja. Bicara soal tanggapan seorang tokoh menanggapi pencapresan seseorang. Sebatas seperti mengucapkan selamat saja (kepada Anies),” tutur Doli dalam keterangan, Rabu (5/10/2022).

Doli menambahkan, pernyataan Akbar Tandjung tidak spesifik merujuk pada Pilpres 2024. Sebab, Akbar Tandjung menyatakan ‘juga dukung beliau (Anies Baswedan)’ di acara yang juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Artinya, Akbar Tandjung sampai saat ini masih konsisten memegang hasil keputusan untuk mengusung Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.

Baca juga
Tak Hanya MDI, Seluruh Organisasi Sayap Golkar Mulai Dipanaskan untuk Pemilu 2024

Bahkan, kata Doli, sosok Akbar Tandjung selalu ikut turun menyapa masyarakat dan mempromosikan Airlangga sebagai capres dari partai Golkar.

“Sejauh ini, sampai sekarang, Pak Akbar (Tandjung) masih konsisten dalam keputusan partai dan ikut aktif turun menyosialisasikan pencapresan Airlangga Hartarto dari Partai Golkar,” tegas Doli.

Ketua Komisi II DPR ini menegaskan, seluruh kader Golkar masih solid dan memegang teguh hasil keputusan Munas dan Rapimnas untuk terus mendorong dan memenangkan Airlangga Hartarto sebagai capres 2024.

Terlebih, sosok Akbar Tandjung merupakan tokoh senior di Golkar juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan partai Golkar yang selama hidupnya selalu memprioritaskan agenda-agenda politik partai.

“Hasil Munas dan Rapimnas, Golkar punya calon presiden, yaitu Airlangga Hartarto. Dan di situ, ada Akbar Tandjung, bukan hanya sebagai tokoh senior, tapi juga Ketua Dewan Kehormatan. Di forum Munas sudah disepakati secara bulat, Airlangga capres 2024,” tegas Doli.

Baca juga
Foto: Momen Anies Baswedan Sambangi DPP Demokrat

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menilai pernyataan Akbar Tandjung soal Anies Baswedan sebagai capres hanya bentuk dukungan normatif.

“Pernyataan Pak Akbar Tanjung itu harus dilihat konteksnya. Dalam acara itu, yang merupakan acara KAHMI, tentu Pak Akbar bicara dalam kapasitas sebagai senior KAHMI yang dihadiri Pak Anies Baswedan,” katanya.

Ace meyakini sikap politik Akbar Tandjung masih tetap tegak luruh dengan keputusan Partai Golkar yang mendukung Airlangga sebagai capres 2024. Sebab Akbar sendiri merupakan Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar yang otomatis akan mendukung keputusan politik dari partai.

“Saya yakin Pak Akbar Tanjung sebagai Ketua Dewan Kehormatan masih konsisten dengan hasil keputusan Munas Partai Golkar yang telah memutuskan Ketua Umum Partai Golkar, Pak Airlangga Hartarto, sebagai Calon Presiden dari Partai Golkar,” ungkapnya.

Baca juga
Gerindra Gelar Rapimnas, Prabowo Bakal Diusung Kembali Jadi Capres 2024

Lebih lanjut Ace menjelaskan, sebagai senior Golkar Akbar mengemban tugas untuk melakukan konsolidasi kepada seluruh kader di daerah. Tujuannya agar kader Partai Golkar solid mendukung Airlangga sebagai capres 2024.

“Beliau juga sedang berkeliling ke seluruh Indonesia sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar untuk mengkonsolidasikan Partai Golkar dan memenangkan Pak Airlangga sebagai calon Presiden RI pada tahun 2024,” katanya.

Sebelumnya, dalam acara peresmian Monumen Tritura 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Akbar Tandjung sempat memuji pencapresan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Partai Nasdem.

Tinggalkan Komentar