Wali Kota Kendari: Hari Cuci Tangan Sedunia Momentum Bangun Kota yang Sehat

Wali Kota Kendari: Hari Cuci Tangan Sedunia Momentum Bangun Kota yang Sehat - inilah.com
(Kotakendari.go.id)

PBB telah menetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS).  Terkait hal ini, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mendorong masyarakat untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih  serta meningkatkan kesadaran membangun lingkungan sehat guna mencegah penyakit infeksi salah satunya melalui implementasi peningkatan akses cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan aksi nyata program Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir pada peringatan hari CTPS sedunia yang digelar Kementerian Kesehatan secara virtual di Media Center Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Jum’at (15/10) mengatakan bahwa implementasi CTPS sudah tertuang dalam instruksi wali kota Nomor 641 tahun 2020 tentang pelaksanaan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Baca juga  Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Raih Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Proaktif dari OJK

Intruksi itupun diaplikasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Kendari bersama camat dan lurah di Kota Kendari.

CTPS itu sendiri bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Sulkarnain Kadir menuturkan, program CTPS membantu pemerintah kota Kendari untuk mewujudkan visi sebagai kota layak huni dari sisi kesehatan. Pandemi Covid-19 yang terjadi menjadi momentum perubahan perilaku masyarakat, yaitu cuci tangan untuk menghindari penularan Covid-19.

Sebagai penerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Wali Kota Kendari Sulkarnain berterima kasih atas penyelenggaraan STBM serta dialog mengenai Implementasi CTPS khususnya di Kota Kendari.

Baca juga  Akankah Mata Uang Kripto Taklukkan Dunia? Ini Analisa Broker Global

Pemkot Kendari terus memastikan bahwa program STBM bukan sekadar penghargaan, tetapi juga menjadi program bagi Pemkot Kendari untuk terus disosialisasikan secara terus-menerus kepada masyarakat, sehingga seluruh poin dari program ini dapat menjadi pemahaman dan kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Sekali lagi kami berterima kasih, sudah mengagas kegiatan ini dan kami sangat terbantu dengan kegiatan ini,” ujar Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir demikian dikutip dari laman kendarikota.go.id.

Tinggalkan Komentar