Wali Kota Sulkarnain Ingatkan Warga Antisipasi La Nina

Sulkarnain - inilah.com
Wali Kota Kendari Sulkarnain (foto istimewa)

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengimbau Operasi Perangkat Daerah (OPD) serta masyarakat untuk melakukan langkah antisipasi menghadapi fenomenala La Nina.

Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) potensi La Nina di Indonesia diperkirakan terjadi Oktober 2021 hingga Februari 2022 mendatang.

Kesiapan dalam antisipasi itu masing-masing kecamatan, kelurahan agar selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari.

“Camat dan lurah mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan risiko bencana yang dapat terjadi akibat La Nina. Kemudian memastikan kesiapan masyarakat dengan melibatkan stakeholder kebencanaan, termasuk relawan dan kelompok siaga bencana kelurahan, menetapkan jalur evakuasi dan menyiapkan lokasi evakuasi,” katanya.

Baca juga  Tanpa Persetujuan Korban

BPBD juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi kesiapsiagaan memastikan operasional Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) dan penyiapan sarana dan prasarana evakuasi dan penyelamatan.

Selain itu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) juga diimbau menyiapkan alat kesiapsiagaan seperti alat berat untuk antisipasi penanganan darurat. Begitu juga Dinas Lingkungan Hidup (LHK) agar memantau dan memangkas pohon-pohon pelindung yang rawan tumbang.

Yang lebih utama adalah Dinas Kesehatan harus menyiapkan sumber daya manusia yang cekatan dalam merespons bencana dan OPD lainnya membantu kesiapsiagaan sesuai bidangnya masing-masing.

Tinggalkan Komentar