Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Wall Street Tampak Bingung Respons Risalah the Fed

Wall Street Tampak Bingung Respons Risalah the Fed - inilah.com
Foto: Istockphoto.com

Setelah Federal Reserve (Fed) AS merilis risalah rapat, investor di Wall Street tampak bingung. Hal ini terlihat dari beragamnya posisi berbagai indeks pada akhir perdagangan Rabu atau Kamis (17/2/2022) pagi WIB.

S&P 500 menyeberang ke wilayah positif menjelang bel penutupan setelah risalah yang mengatakan bahwa bank sentral akan mulai menaikkan suku bunga guna memerangi inflasi, keputusannya akan dibuat berdasarkan pertemuan demi pertemuan.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 54,57 poin atau 0,16 persen, menjadi menetap di 34.934,27 poin. Sementara Indeks S&P 500 naik tipis 3,94 poin atau 0,09 persen, menjadi berakhir di 4.475,01 poin. Indeks Komposit Nasdaq terkikis15,67 poin atau 0,11 persen, menjadi tutup di 14.124,09 poin.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor energi menguat 0,76 persen, memimpin kenaikan. Sedangkan sektor jasa teknologi dan komunikasi turun 0,2 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terburuk.

Baca juga
Tiga Saham Pilihan saat Pasar Mulai Cium Potensi Resesi AS

Mencerna Risalah the Fed

Risalah menunjukkan bahwa sementara pembuat kebijakan sepakat bahwa akan “segera sesuai” untuk menaikkan suku bunga acuan overnight Fed dari level mendekati nol, mereka akan menilai kembali garis waktu kenaikan suku bunga pada setiap pertemuan.

“Fakta The Fed tidak lebih hawkish dari yang diperkirakan sebelumnya tampaknya telah menyelamatkan saham untuk saat ini,” kata Lou Brien, ahli strategi di DRW Trading di Chicago. “Pasar khawatir sikap kebijakan agresif (Presiden Fed St. Louis James) Bullard lebih meluas tetapi tampaknya tidak demikian.”

Ketiga indeks saham utama AS menghabiskan sebagian besar sesi jauh di wilayah negatif, karena investor bersaing dengan pergeseran ketegangan geopolitik dan sejumlah data yang menunjukkan bahwa ekonomi AS memanas, sehingga memperkuat kasus Federal Reserve untuk pengetatan suku bunga yang agresif.

Baca juga
Antisipasi Arus Balik, AP II Siapkan Terminal 1B Bandara Soetta

Tetapi setelah rilis risalah Fed, indeks berputar, akhirnya menghapus kerugian. Nasdaq dan Dow tutup sedikit lebih rendah.

“Sepertinya The Fed tidak terlalu goyang,” kata Ryan Detrick, Kepala Strategi Pasar di LPL Financial di Charlotte, North Carolina. “Itu tidak melempar bola kurva hawkish yang kita lihat enam minggu lalu dan itu melegakan bagi banyak investor.”

Sejumlah data ekonomi pada Selasa (15/2/2022) menunjukkan rebound tajam dalam penjualan ritel, output industri yang lebih kuat dari perkiraan, dan harga impor inti mencapai level tertinggi sepanjang masa.

“Angka penjualan ritel hari ini sangat kuat,” tambah Detrick. “Ini menegaskan konsumen masih sangat sehat dan itu pertanda baik bagi ekonomi ke depan.”

AS dan NATO masih Khawatirkan Rusia

Amerika Serikat dan NATO masih khawatir tentang pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina, menyangkal klaim Rusia pada Selasa (15/2/2022) bahwa pihaknya menarik pasukan dan mempertanyakan keinginan Presiden Vladimir Putin untuk merundingkan solusi diplomatik untuk krisis tersebut.

Baca juga
Risalah Fed Kurang ‘Hawkish’ Jatuhkan Nilai Tukar Dolar AS

Meski begitu, ketegangan geopolitik tampaknya sedikit mereda.

“Ini mungkin skenario ‘tidak ada berita adalah berita baik’,” kata Detrick. “Pasar global telah tenang karena risiko utama terus menurun selama dua hari terakhir.”

Saham ViacomCBS jatuh 17,8 persen setelah konglomerat media itu meleset dari ekspektasi laba kuartalan.

Perusahaan persewaan jangka pendek Airbnb menguat 3,6 persen menyusul perkiraan pendapatan kuartal pertama yang lebih baik dari perkiraan. Ini terdorong oleh rebound kuat dalam permintaan perjalanan.

Devon Energy Corp melonjak 4,7 persen, setelah produsen minyak tersebut melaporkan hasil kuartal keempat di atas perkiraan Wall Street.

Lockheed Martin juga naik 1,2 persen setelah terpilih untuk mengembangkan prototipe komunikasi 5G Korps Marinir AS generasi berikutnya.

Tinggalkan Komentar