Wamenkes: Vaksinasi dan Protokol kesehatan Terbukti Mampu Turunkan Sebaran Virus

Wamenkes: Vaksinasi dan Protokol kesehatan Terbukti Mampu Turunkan Sebaran Virus - inilah.com

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan sejumlah negara yang vaksinasi di atas 50 persen dari jumlah penduduk seperti Amerika Serikat, Inggris, Israel, dan Jepang kembali mengalami lonjakan kasus.

Menurut hal tersebut karena protokol kesehatan yang tidak dijaga. Jadi walaupun Indonesia mengalami akselerasi yang cepat dalam vaksinasi, protokol kesehatan harus dijalankan supaya tidak terjadi lonjakan selanjutnya.

“Kita tetap harus waspada, tetap menahan diri untuk melakukan mobilitas, disiplin menjaga protokol kesehatan, dan segera divaksinasi. Karena vaksinasi dan protokol kesehatan terbukti mampu menurunkan laju penyebaran virus,” kata dr. Dante, seperti yang dikutip dari covid19.go.id, Jakarta, Kamis, (02/09/2021).

Baca juga  Pasca Sanksi WADA, Tak Ada Nyanyian Indonesia Raya dan Merah Putih Berkibar

Dia juga mengimbau, pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan di daerah untuk terus mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat rentan terutama lansia dan yang memiliki penyakit penyerta.

Hal ini sangat penting karena lebih 50 persen kematian di rumah sakit merupakan dengan penyakit penyerta. Saat ini vaksinasi untuk lansia juga masih rendah padahal rentan terpapar.

“Untuk itu, agar kelompok ini jadi prioritas (vaksinasi),” ujarnya.

Tinggalkan Komentar