Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Wapres Dorong UMK Urus Sertifikasi Halal untuk Dongkrak Produknya

Kamis, 09 Jun 2022 - 12:55 WIB
Wapres Dorong UMK Segera Urus Sertifikasi Halal untuk Dongkrak Produknya
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin/Foto: Antara

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pelaku usaha mikro dan kecil atau UMK untuk terus meningkatkan kualitas khususnya produk halal. Sebab saat ini produk halal sudah menjadi kebutuhan masyarakat dunia minati saat ini.

“Pelaku UMK harus jeli melihat pasar, karena seperti produk-produk hahal seperti kosmetik, makanan dan minuman,” ujar Ma’ruf Amin saat menghadiri penutupan Festival Syawal 1443 H secara daring, Kamis (9/6/2022).

Dia mengatakan, saat ini produk halal sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Sehingga pasar produk halal ini sangat luas dan besar. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi UMK lokal mendaftarkan sertifikasi halal untuk produknya agar bisa menembus pasar global.

Baca juga
BPJPH Berencana Tingkatkan Layanan Produk Halal Melalui AI dan Blockchain

Wapres meminta pelaku UMK ikut aktif berpartisipasi mendaftarkan produk-produk unggulannya agar segera tersertifikasi halal. Sehingga meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk UMK. Selain itu sertifikasi halal juga memperkuat jaminan mutu produk, yaitu aman, higienis, dan sesuai dengan syariat.

Ma’ruf menyampaikan apresiasi atas peran aktif LPPOM MUI dalam sertifikasi halal. Langkah LPPOM MUI terhadap pengembangan UMK di Indonesia ini perlu terus dijaga, di antaranya melalui sinergi dengan lembaga terkait.

“Sebagai perintis sertifikasi halal dan ikon label halal bagi produk halal Indonesia, LPPOM MUI saya harapkan terus menjaga komitmennya dalam menjalankan fungsi sertifikasi halal yang pertama dan terpercaya,” harapnya.

Baca juga
Wapres Tinjau Ragunan, Pastikan Kesiapan Prokes Libur Lebaran

Dia juga meminta LPPOM-MUI, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan berbagai pihak terkait dapat terus bersinergi mendukung program akselerasi sertifikasi halal, khususnya bagi pelaku UMK. [ikh]

Tinggalkan Komentar