Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Wapres Ma’ruf Janjikan Relokasi untuk Pengungsi Gempa Banten

Wapres kunjungi Banten- inilah.com
Wapres Ma'ruf Amin didampingi Mensos Rsima dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengunjungi pengungsi gempa M 6,6 Banten - Antara

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meninjau lokasi terdampak bencana gempa bumi yang bermagnitudo 6,6 Jumat (14/1), di Desa Cibeulah, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Kamis (20/1/2022).

Dalam kunjungan itu, Ma’ruf didampingi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

“Pagi hari ini saya hadir di tempat korban bencana Pandeglang, ini yang beberapa waktu lalu baru terjadi (gempa). (Saya) dengan Bu Mensos dan Pak Kepala BNPB. Ini ada yang rumahnya rusak berat, ada yang ringan, yang sedang,” kata Ma’ruf dalam keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres) yang diterima di Jakarta.

Baca juga
Gempa Magnitudo 6,7 di Banten, Puluhan Rumah di Pandeglang Ambruk

Ma’ruf menambahkan, Pemerintah sedang mempersiapkan pembangunan hunian sementara (huntara) dan merelokasi warga terdampak bencana. Pasalnya tempat tinggal mereka termasuk dalam zona merah yang rawan bencana.

“Ini supaya tidak terus-menerus terjadi. Dari beberapa pertanyaan (dialog) tadi, masyarakat tidak ada keberatan,” ujarnya.

Lokasi baru bagi masyarakat di zona merah rawan bencana di Pandeglang tersebut, kata Ma’ruf, mempertimbangkan keamanan warga setempat.

“Ini yang sedang dipikirkan oleh Pemerintah, dipetakan. Ada pikiran ke situ (relokasi) karena melihat sering terjadinya gempa dan menimbulkan korban dan juga suasana ketidaktenangan,” katanya.

Ia mencontohkan relokasi dari tempat rawan bencana ke daerah lebih aman juga dilakukan terhadap warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga
Polda Banten Catat Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa

Di tempat relokasi tersebut, akan disediakan fasilitas publik yang memadai bagi masyarakat, baik sektor kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi.

“Pemerintah terus memantau dan memperhatikan, akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Mensos dan Kepala BNPB akan terus berada di lapangan untuk memantau keadaan, termasuk juga fasilitas umum yang rusak akan segera diperbaiki,” tandas Ma’ruf.

Tinggalkan Komentar