Minggu, 29 Mei 2022
28 Syawal 1443

Wapres Targetkan Atlet Indonesia Tembus 5 Besar Olimpiade 2044

maruf amin
Wapres Maruf Amin

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin memasang target kepada atlet Tanah Air menembus lima besar Olimpiade 2044.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (12/5/2022).

“Saya mengharap pembinaan atlet dalam jangka panjang dilakukan dari hulu sampai ke hilir dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan serta dapat mencapai target meraih peringkat kelima pada ajang Olympic Game dan Paralympic Game pada 2044 nanti, ini targetnya,” kata Ma’ruf.

Target yang diusung Ma’ruf disebutnya sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tercantum pada Perpres No 86 tahun 2021.

Baca juga
Wapres Ma'ruf: MUI Bisa Terima Atau Tolak Pengunduran Diri Kiai Miftah

“Sebagaimana amanat Perpres No 86/2021 DBON ditunjuk untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional dan tata kelola pembinaan atlet nasional sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung atlet-atlet Indonesia dapat berprestasi di tingkat dunia supaya lebih baik,” ujarnya.

DBON disebut Ma’ruf Amin adalah tanggung jawab bersama sejumlah pihak, mulai instistusi Kementerian hingga menyisir organisasi olahraga yang bersifat regional.

“Penyelenggaraan DBON ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya Kementerian Pemuda dan Olahraga kita perlu terus membangun sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi keolahragaan, dunia usaha serta masyarakat baik dalam dukungan kebijakan anggaran, kurikulum, sarana prasarana dan lain sebagainya,” tambahnya.

Baca juga
Wapres Ma'ruf Optimis Stunting Bisa di Bawah Standar WHO Pada 2024

Adapun Perpres No. 86/2021 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi), 9 September 2021 silam, dijelaskan sebagai dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga. [AHA]

Tinggalkan Komentar