Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Warga Kampung Akuarium: Terima Kasih Pak Anies

Selasa, 07 Sep 2021 - 20:56 WIB
Penulis : Agus Priatna
Warga Kampung Akuarium: Terima Kasih Pak Anies - inilah.com
Dokumentasi inilah.com/Agus Priatna

Tidak menunggu lama, usai diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 17 Agustus lalu, warga kampung susun akuarium mulai menempati kampung susun tersebut.

Suasana kampung susun akuarium menjadi hidup, terlihat sejumlah anak bermain bola, sebagian lagi bermain sepatu roda. Para orang tua juga terlihat sibuk membersihkan lingkungan dan ada juga yang sibuk mengangkat barang masuk kedalam unit.

Walau seluruh unit telah selesai dibangun, tetapi masih terlihat sejumlah petugas yang sibuk menata instalasi listrik.

Kampung susun akuarium tidak hanya dilengkapi fasilitas standar rusun, tetapi juga dilengkapi ruang interaksi antar penghuni, hunian bagi penyandang disabilitas hingga ruangan berisi galeri sebagai ruang pameran cagar budaya.

Baca juga
Temui Massa Buruh di Depan Balai Kota, Anies Duduk Bareng di Jalanan

Sulastri, salah satu penghuni kampung susun akuarium mengaku, sangat berterima kasih kepada Gubernur Anies Baswedan karena diberikan tempat tinggal yang nyaman.

“Terima kasih Pak Anies warga sudah dibikinin rusun yang nyaman,” ujarnya.

Ia menambahkan, fasilitas yang disediakan kampung susun sudah lebih dari cukup, karena kamar mandi yang dilengkapi shower, WC duduk, hingga lingkungan yang tertata dengan baik.

Sulastri yang kini tinggal bersama satu anaknya semenjak suaminya meninggal, bercerita bagaimana ia mesti tinggal di shelter (rumah penampungan) beratap terpal selama 5 tahun usai kawasan kampung akuarium digusur.

Namun, kini ia bersyukur, harapan untuk tinggal ditempat yang layak akhirnya terwujud.

Total ada dua bangunan lima lantai yang terdiri dari 107 unit hunian. Kampung susun akuarium akan ditempati warga yang sebelumnya tinggal di shelter sejak 2018.

Nantinya warga yang menempati hunian baru di kampung susun akuarium akan dikenakan biaya perawatan, namun besaran biaya yang dibebankan masih dikaji.

Tinggalkan Komentar