Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Warga Keluhkan Pengaspalan Jalan Rumah Calon Besan Jokowi di Sleman Menutup Lubang Resapan

Kamis, 10 Nov 2022 - 21:29 WIB
Pengaspalan 1 - inilah.com
Pengaspalan jalan rumah calon besan Presiden Jokowi di Sleman, DIY, yang menutup lubang resapan air. (Foto: Inilah.com/ Ridwan Anshori)

Sekitar 10 orang tampak sibuk mengaspal ruas Jalan Lombok, Purwosari, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis, 10 November 2022.

Ruas jalan tersebut akses menuju rumah calon menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erina Gudono. Calon istri Kaesang Pangarep ini menempati rumah megah di Kampung Purwosari RT 3 RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman.

Pekerjaaan pengaspalan jalan sepanjang 387 meter tersebut sudah hampir rampung. Dimulai dari gapura masuk kampung di Jalan Kaliurang hingga kediaman Erina.

Menurut warga setempat, Wahyuni (45), sebelum pengaspalan kondisi Jalan Lombok sudah diaspal namun kondisi aspalnya sudah mengelupas atau rusak. Sedangkan dari Jalan Lombok masuk gang ke rumah Erina, ruas jalan bukan aspal melainkan conblock atau paving block.

“Sekarang dari rumah (Erina) hingga Jalan Kaliurang sudah diaspal semua,” katanya kepada Inilah.com di lokasi pengerjaan pengaspalan pada Kamis, 10 November 2022.

Baca juga
Tunisia Tumbangkan Juara Dunia Prancis, Tapi Gagal Lolos ke 16 Besar

Menurut dia, pengaspalan mulai dilakukan pada Rabu, 9 November 2022. “Katanya sehari jadi, tetapi molor sehari karena kemarin hujan jadi tertunda hingga hari ini,” ungkapnya.

Yuni, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa dulu sebelum diaspal di tengah-tengah jalan ada biopori, semacam lubang untuk resapan air, sehingga saat diguyur hujan maka air masuk ke lubang itu kemudian mengalir ke selokan yang berada di sisi utara jalan.

“Tapi kok sekarang lubang-lubang itu tertutup semua ya,” ujarnya bernada tanya.

Dia mengaku khawatir saat hujan, air tidak bisa masuk ke lubang resapan, sehingga kondisi ruas jalan akan menjadi tergenang. “Saya tadi sudah sempat tanya ke salah satu pekerja. Kok lubangnya ditutup, tapi dia bilang air bisa masuk ke selokan, tidak menggenang,” tutur Yuni mengeluhkan.

Baca juga
Sebelum Meninggal, Maura Curhat ke Mayong Diterima Kerja di Bali

Alasannya, kata dia, penebalan jalan dengan aspal membuat lebih tinggi sekian sentimeter dibanding pinggir jalan. “Jadi dia bilangnya air hujan akan ke pinggir lalu masuk ke selokan, begitu katanya,” kata Yuni.

Sambudi (50), warga lainnya menilai pekerjaan pengaspalan butuh cepat karena berhitung waktu dengan acara pernikahan. “Mungkin biar cepat selesai, kalau tidak menutup lubang kan butuh waktu juga,” katanya.

Hal yang dia ketahui perihal pernikahan calon besan Jokowi, di kediaman rumah Erina untuk prosesi lamaran saja. Sedangkan pesta atau resepsi pernikahannya di hotel. “Tapi yang namanya lamaran, yang datang ke sini kan ya keluarga Presiden. Mosok jalannya jelek,” ungkapnya.

Baca juga
INFOGRAFIS: Irjen Ferdy Sambo Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Dia mengaku di sisi lain senang ruas jalan menjadi mulus tidak rusak. Namun di sisi lainnya, ada kekhawatiran. Selain khawatir ada genangan air saat hujan, khawatir juga dengan pengguna jalan menjadi kencang dalam berkendara. “Mugo-mugo ora nggo kebut-kebutan (Semoga tidak untuk balapan), soalnya ini jalan kampung,” tutur Sambudi. (Ridwan Anshori/ DIY)

Tinggalkan Komentar