Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Warga Kepulauan Seribu Nikmati Kesetaraan Harga, Terima Kasih Pak Anies

Warga Pulau Seribu Nikmati Kesetaraan Harga, Terima Kasih Pak Anies

Warga Kepulauan Seribu bisa menikmati harga kebutuhan pokok setara dengan harga di DKI Jakarta. Semuanya berkat terobosan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Dikutip dari akun twitter budayawan Geisz Chalifah yakni @GeiszChalifah, Jakarta, Jumat (4/2/2022), tersemat video pendek berdurasi 1 menit, 46 detik. Dalam video itu, Gubernur Anies berhasil mewujudkan kesetaraan harga bagi warga Kepulauan Seribu dan sekitarnya.

Biasanya, warga Kepulauan Seribu harus belanja bahan pokok ke Jakarta, yang ongkosnya lumayan mahal. “Warga Kepulauan Seribu harus ke daratan (DKI Jakarta) untuk berbelanja barang-barang keperluan. Minimal ke muara angke. Mereka itu punya warung, belanja atau kulakannya ke Jakarta. Kemudian barang-barang itu dijual di warungnya di Kepulauan Seribu,” papar Gubernur Anies.

Baca juga
Minyak Goreng Deflasi, BI Teropong Inflasi Maret 0,54 Persen

Pada 2018, Gubernur Anies mencetuskan ide untuk mendirikan ritel sembako, namanya Jakgrosir. Ritel ini dibangun di Kepulauan Tidung Kecil. “Keb pokok disiapkan dalam skala grosir di pulau yang biaya transportasinya kami tanggung. Sehingga warung-warung di Pulau Seribu tinggal kulakan ke Jakgrosri di Pulau Tidung Kecil. Tak perlu jauh-jauh ke daratan Jakarta. Tidak perlu ke Kramat Jati, cukup ke Jakgrosir,” papar Gubernur Anies.

Betul saja, langkah Gubernur Anies ini cukup bermanfaat bagi warga Kepulauan Seribu. Mereka bisa mendapatkan bahan keperluan pokok dengan harga wajar, setara dengan harga di DKI Jakarta. “Warga Kepulauan Seribu dan sekitarnya bisa merasakan kesetaraan harga dengan daratan Jakarta, melalui Jakgrosir di Pulau Tidung,” terang Gubernur Anies.

Baca juga
Salat Id di JIS, Anies Imbau Warga Tiba Pukul 06.00 WIB

“Ini sepele memang. Namun sangat berarti bagi masyarakat di kepualauan. Kita bisa mengirimkan pesan bahwa kesetaraan itu hadir di tengah mereka. Ingat, salah satu tugas pemerintah adalah memastikan adaanya kesetaraan itu,” pungkas Gubernur Anies.

Sementara Geisz mencuitkan kalimat bernada positif. “Pulau Seribu. Keadilan sosial sedang dilaksanakan sbg amanat konstitusi. Sekarang, harga air di Pulau Seribu sama dgn di daratan Jakarta. Bahan pokok juga disediakan agar harganya sama dgn di daratan Jakarta.”

Tinggalkan Komentar