Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Waspada, Berikut 10 Daftar Wilayah Indonesia Berpotensi Gempa

Selasa, 22 Nov 2022 - 21:04 WIB
jenis jenis gempa bumi bencana alam
Seismograph And Earthquake 3d Rendering. Sumber : iStock

Gempa bumi sering terjadi di wilayah Indonesia. Lokasi geografis yang berada di dalam jalur Ring of Fire, jadi penyebab dari rentannya gempa bumi melanda tanah air.

Jalur Ring of Fire atau cincin api, mengikuti rantai busur pulau seperti Tonga dan News Hebrides, Indonesia, Filipina, Jepang, Kepulauan Kuril dan Aleutians serta busur lainnya.

Melansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu lempang Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik.

Selain itu, gempa bumi dapat menyebabkan pergerakan lempeng kerak bumi (lempeng bumi). Getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat dari adanya pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang berasal dari gelombang sismik. Gempa bumi dapat terukur dengan menggunakan alat Seismometer.

Baca juga
Petuah Ridwan Kamil buat Persib: Pola Mudah Kebaca dan Pemain Malas Lari

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memetakan 10 wilayah yang berpotensi terjadinya gempa bumi dan tsunami. Data dilihat berdasarkan seismic gap, distribusi B-value dan zona aktif gempa per Januari 2021.

Sebagai informasi seismic gap adalah zona sumber gempa potensial tetapi sudah lama belum terjadi gempa besar. Zona ini diperkirakan sedang mengakumulasi medan tegangan pada kerak bumi dimana suatu saat akan dilepaskan sebagai gempa kuat.

Sedangkan, distribusi B-value menggambarkan hubungan antara frekuensi dan magnitudo gempa bumi. Peta B-value bisa menggambarkan sebaran kawasan yang sering terjadi gempa bumi (nilai b-value tinggi) dan kawasan yang jarang terjadi gempa bumi sehingga dapat berpotensi terjadi gempa (nilai b-value rendah).

Baca juga
Indonesia Pimpin Debat Umum IPU General Assembly 2021

Sementara itu, zona aktif adalah kawasan aktivitas seismisitas yang dapat menjadi petunjuk terkait aktivitas gempa pembuka.

Berikut 10 wilayah Indonesia yang berpotensi gempa dan tsunami.

1.Mentawai, Sumatera Barat

2.Lampung

3. Selat Sunda

4. Banten

5. Selatan Bali

6. Sulawesi Utara

7. Aceh

8. Sorong

9. Matano, Sulawesi Tengah

10. Lembang

Zona sesar aktif yang mesti mendapat perhatian

1.Sesar Lembang (Jawa Barat)

2.Sesar Matano (Sulawesi Tengah)

3. Sesar Sorong (Papua Barat)

4.Sesar Segmen (Aceh)

Tinggalkan Komentar