Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Waspada Kulit Dehidrasi saat Puasa Ramadan

Senin, 21 Mar 2022 - 09:29 WIB
Kulit Dehidrasi - inilah.com
unplash

Ramadan segera tiba. Tidak hanya tubuh yang harus diperhatikan untuk mencukupi kebutuhan mineral agar tidak terjadi dehidrasi. Ternyata, kesehatan kulit Anda pun juga butuh mineral agar tidak mengalami dehidrasi.

Menurut dr.Catherine Soebroto, Dipl. CIBTAC Founder dr.Belle Aestetic Clinic, asupan mineral saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan sangat penting untuk menjaga hidrasi dalam tubuh. Tidak hanya tubuh, kulit juga sangat terpengaruh oleh keadaan ini.

“Yang jelas ketika jam buka puasa dan sahur harus minum. Ketika kebutuhan minum air mineral tidak tercukupi saat menjalankan puasa, bisa kita kejar saat buka dan sahur. Misalnya, saat sahur satu liter air, dan saat buka satu liter air. Ini secara bertahap dipenuhi,” kata Catherine Soebroto yang telah membuka dr. Belle Aestetic Clinic di kawasan Gading Serpong, Tanggerang, Senin, (21/3/2022).

Kulit Dehidrasi
Dokumentasi Inilah.com

Tubuh manusia berisi 70 persen mineral. Terkadang, orang tidak sadar tubuh mengeluarkan mineral, padahal hal tersebut bisa terlihat saat kulit mengeluarkan keringat.

Baca juga
Sahur Jangan Hanya Minum Teh Manis, Lengkapi dengan Susu, Buah, Sayur dan Protein

Hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan kulit terlebih di bagian wajah.

“Tubuh yang kekurangan cairan mineral, akan membuat kulit juga mengalami dehidrasi. Karena itu, kulit yang dehidrasi akan terlihat kusam dan tidak segar,” tambahnya.

Selain membutuhkan konsumsi mineral yang cukup saat berpuasa, perawatan kulit wajah yang sangat dasar juga harus dilakukan. Salah satunya adanya penggunaan tabir surya.

“Tabirsurya itu skin care terpenting setiap hari. Karena dengan pakai tabir surya saja bisa membantu tidak terjadinya pembengkakan flek di wajah,” paparnya.

Tinggalkan Komentar