Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Waspadai Bencana, Warga Lebak Diimbau Aktifkan Ronda Malam

Senin, 28 Feb 2022 - 23:01 WIB
Penulis : Anton Hartono
ronda malam

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten Febby Rizky Pratama mengimbau warga untuk melakukan ronda malam untuk mewaspadai bencana yang mengancam.

“Kita minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam dapat mengaktifkan ronda malam,” katanya, Senin (28/2/2022).

Menurutnya, hujan yang kerap mengguyur wilayah Lebak mengakibatkan tingginya potensi bencana seperti angin kencang, banjir, dan longsor. Dengan mengaktifkan ronda malam diharapkan dapat mengantisipasi bencana mengurangi risiko kebencanaan.

“Jika ronda malam itu diaktifkan maka bisa cepat melakukan penyelamatan dan minimal diri sendiri serta keluarga,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam di Kabupaten Lebak jumlahnya mencapai ribuan kepala keluarga. Mereka menempati pemukiman di tepi aliran sungai, pesisir pantai, pegunungan, dan perbukitan.

Baca juga
Rumah Rusak Berat Diterjang Banjir Bandang di Lebak

“Kami minta warga tetap waspada dan siaga menghadapi bencana alam itu,” katanya.

BPBD Lebak saat ini memfokuskan untuk penyelamatan dan pertolongan jika terjadi bencana alam, sehingga telah dipastikan peralatan evakuasi dalam kondisi baik.

Disamping itu, ketersediaan logistik untuk membantu pascabencana alam agar mereka terpenuhi kebutuhan pangan dan obat-obatan.

Tinggalkan Komentar