Waspadai Potensi Tsunami di Pantai Pacitan Setinggi 28 Meter

Waspadai Potensi Tsunami di Pantai Pacitan Setinggi 28 Meter - inilah.com
istimewa

Warga yang tinggal di sekitar pesisir Pantai pacitan diminta untuk mewaspadai potensi tsunami setinggi 28 meter. Ini terjadi akibat adanya pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan potensi tsunami mengintai pesisir selatan Jawa. Karena itu warga diingatkan untuk selalu siap dengan skenario terburuk akibat gempa dan tsunami yang tidak diketahui kapan terjadi.

“Masyarakat yang berada di zona bahaya perlu berlatih rutin untuk melakukan langkah evakuasi mandiri bila mendapatkan peringatan dini tsunami maksimum 5 menit setelah gempa terjadi,” ujar Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG.

Jika terjadi bencana, masyarakat yang berada di pantai tidak perlu menunggu perintah aba-aba atau sirine, tapi segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. “Segera lari karena waktu yang dimiliki hanya sekitar 29 menit,” jelasnya.

Baca juga  BMKG: La Nina akan Datang Akhir 2021

BMKG berharap pemerintah daerah bersama masyarakat harus siap melakukan skenario penyelamatan diri untuk meminimalisir jumlah korban jiwa dan kerugian materi. Karena jika masyarakat sudah terlatih, maka sudah tahu apa yang harus dilakukan di waktu yang terbatas itu.

“Jika masyarakat terlatih maka tidak ada istilah gugup dan gagap saat bencana terjadi.” tambahnya.

Tinggalkan Komentar