Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Waspadai Tanah Gerak Memicu Longsor di Trenggalek

longsor
Longsor di Trenggalek dipicu dari tanah bergerak (foto Antara)

Warga yang tinggal di Desa Siki, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur diminta untuk mewaspadai tanah bergerak yang dapat memicu longsor di wilayah tersebut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Tri Puspita Sari mengatakan pihaknya telah mengimbau warga khususnya yang tinggal di lokasi rawan bencana.

“Tetap waspada. Terlebih saat terjadi hujan berintensitas tinggi karena berpotensi mengakibatkan terjadinya longsor susulan,” katanya, Minggu (27/3/2022).

Peringatan itu disampaikan BPBD menyusul longsor yang terjadi di Dusun Ngandong, Desa Siki, Kecamatan Dongko pada Minggu pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa, guguran tanah tebing setinggi 15 meter dengan kemiringan 46 derajat itu telah mengakibatkan bagian belakang salah satu rumah warga jebol diterjang longsor.

Baca juga
Pemprov DKI Tindak Pedagang Daging Anjing di Pasar Senen

“Tebing bagian belakang rumah Bapak Nurhadi longsor dan sebagian dapur tertimbun. Kerugian ditaksir mencapai Rp5 juta,” jelasnya.

Namun dengan beberapa pertimbangan, evakuasi belum bisa dilakukan. Pertimbangannya, kondisi tanah longsor masih labil.

Petugas gabungan pun sudah mengecek lokasi dan akan melakukan kerja bakti pembersihan material pada Senin (28/3/2022) besok.

Tinggalkan Komentar