Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

WhatsApp Uji Coba Kirim Foto Kualitas Tinggi tanpa Gunakan ‘File’

Rabu, 25 Jan 2023 - 20:19 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (Foto: Getty images)
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (Foto: Getty images)

WhatsApp akan segera meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto beresolusi tinggi hingga ukuran aslinya.

Saat ini fitur pengiriman foto WhatsApp dilakukan dalam versi terkompresi atau ukuran foto diperkecil dari ukuran aslinya. Sehingga, sebagian pengguna selalu memilih opsi lain untuk mengirim foto agar ukurannya tidak berubah.

Menurut WABetainfo, WhatsApp saat ini sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dalam ukuran aslinya. Fitur ini sedang WhatsApp uji pada Android beta versi 2.23.2.11.

Sebelumnya, fitur pengiriman foto di WhatsApp beta Android versi 2.21.15.7 memiliki tiga pengaturan yang bisa dipilih pengguna, yakni auto, best quality, dan save data. Namun, opsi kualitas terbaik tidak memungkinkan pengguna mengirimkan foto dalam resolusi aslinya.

Baca juga
Jajal Sirkuit Mandalika, Jokowi: Kalau untuk Pembalap Mungkin Enggak Masalah, Tapi Saya?

Dalam opsi ini, kompresi masih berfungsi di WhatsApp, meski tidak terlalu rendah. Nah, WhatsApp beta Android versi 2.23.2.11 memberikan angin segar bagi pengguna yang ingin mengirimkan foto dengan kualitas aslinya.

Selain itu, belum ada kepastian kapan fitur terbaru ini akan hadir ke sebagian besar pengguna. Fitur pengujian biasanya meluncur beberapa minggu setelah fitur tersebut stabil.

Kemudian belum ada kepastian apakah fitur ini juga akan hadir untuk segmen video. The Verge melaporkan, jika ingin mengirimkan video berukuran besar asli melalui WhatsApp, pengguna bisa memilih opsi ‘file’ saat mengirim.

Di sisi lain, Telegram kini memungkinkan penggunanya mengirim foto atau video berkualitas tinggi tanpa kompresi. Mulai Pakai, pengguna Telegram hanya perlu memilih menu Attachment saat ingin mengirim foto atau video.

Baca juga
Elon Musk Dijadwalkan Bertemu Karyawan Twitter

Kemudian pengguna dapat mengklik Lebih Banyak (Opsi lainnya) dan pilih Kirim tanpa kompresi (Kirim tanpa kompresi). Telegram juga membatasi maksimal file yang bisa dikirim pengguna, yakni 2 GB.

Tinggalkan Komentar