Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Wisata Bromo Mulai Dibuka, Ini Syaratnya

Kamis, 09 Sep 2021 - 10:01 WIB
Penulis : Anton Hartono
Wisata Bromo Mulai Dibuka, Ini Syaratnya - inilah.com
Gunung Bromo (foto istimewa)

Bagi anda yang sudah rindu dengan suasana dinginnya kawasan Bromo Tengger, kini sudah bisa kembali merasakannya. Pasalnya, pemerintah telah membuka wisata Gunung Bromo setelah status PPKM di wilayah Probolinggo berada di level 2.

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang berada di empat kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat liburan, karena memiliki pemandangan yang menarik untuk berswafoto. Namun sejak pandemi Covid-19 dan adanya kebijakan PPKM, area wisata tersebut harus ditutup untuk wisatawan.

Baca juga
Kenapa Hanya 20 Tempat Wisata yang Boleh Buka? Sandi: Jangan Suudzon

Melalui Instruksi Menteri Dalam negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021, kini wisata Bromo kembali dibuka untuk umum, dengan catatan harus sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. “Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 persen,” kata Timbul Prihanjoko, Plt Bupati Probolinggo.

Penerapan batas maksimal pengunjung sebanyak 25 persen bertujuan untuk mengendalikan atau mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga tidak menimbulkan klaster wisata, setelah adanya kelonggaran PPKM.

Tak hanya itu, wisatawan yang datang juga wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika belum divaksin maka sebaiknya ditunda dulu, karena ada petugas jaga yang bakal melarang wisatawan yang belum disuntik vaksin.

Baca juga
Foto-foto di Gunung Bromo Kena Tarif Rp250 Ribu dan Rekam Video Rp1 Juta

“Tetap ingat 4 mata tombak dalam melawan pandemi, yaitu protokol kesehatan, tracing testing dan treatment (3T), vaksinasi untuk semua orang, dan pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar