Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Witan Dua Gol, Indonesia Benamkan Timor Leste 4-1

Witan Dua Gola, Indonesia Benamkan Timor Leste 4-1
Witan Dua Gola, Indonesia Benamkan Timor Leste 4-1

Timnas Indonesia U-23 berhasil menggempur Timor Leste 4-1 dalam pertandingan Grup A sepak bola putra SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) malam.

Bertanding di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, gol kemenangan Timnas Garuda dicetak masing-masing Egy ,Maulana Vikri (16), Witan Sulaeman (52, 77), dan Fachruddin (58). Sementara gol Timor Leste dibuat Mouzinho de Lima.

Butuh kemenangan usai digasak Vietnam di laga pembuka, Shin Tae-yong langsung memasang Trio Egy-Ifran-Witan sejak awal laga.

Meski begitu, Indonesia keteteran di menit-menit awal dan kesulitan mengembangkan permainan. Bola-bola dari kaki pemain Indonesia begitu mudah hilang dan diambil pemain Timor Leste yang bermain lepas.

Baca juga
Novak Djokovic Masih Tetap Nomor Satu Dunia

Barisan pertahanan Indonesia dikejutkan oleh serangan Timor Leste. Gelandang Marc Klok terpaksa melakukan pelanggaran yang berujung pada keputusan wasit menunjuk titik penalti.

Kiper Timnas U-23 Indonesia Ernando tampil cemerlang dengan menahan tendangan lawan. Kedudukan pun masih imbang 0-0.

Setelah keluar dari tekanan, Indonesia sukses membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui sepakan Egy Maulana yang berdiri bebas di muka gawang memanfaatkan umpan Rizky Ridho.

Setelah itu, Egy, Irfan Jauhari dan Ricky Kambuaya meraih kesempatan menambah keunggulan, tetapi percobaan-percobaan mereka dikandaskan penjaga gawang lawan, Junildo Pereira, sehingga sekor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Baca juga
Pebalap MotoGP Merasa Aman, Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi Grade A

Awal babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam untuk menambah daya gedor timnya.

Strategi tersebut berbuah positif. Enam menit setelah dua nama tersebut memasuki lapangan, Indonesia menggandakan skor lewat kepala Witan Sulaeman. Witan mengonversi operan lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga.

Pada menit ke-58, giliran kapten Fachruddin Aryanto yang menciptakan gol setelah terjadi kemelut di pertahanan Timor Leste.

Timor Leste memperkecil kedudukan pada menit ke-69 via Mouzinho. Namun Indonesia berhasil membobol gawang Timor Leste untuk keempat kalinya pada menit ke-77 hasil sepakan Witan. Gol itu berasal dari assist Saddil Ramdani.

Baca juga
Ralf Rangnick Segera Latih MU, Siapa Dia?

Indonesia menutup pertandingan itu dengan kemenangan 4-1. Hasil tersebut belum mengubah posisi Indonesia di peringkat keempat Grup A, lantaran baru mendapatkan tiga poin dari dua laga. Akan tetapi, Garuda Muda masih berpeluang untuk lolos ke semifinal.

Sementara Timor Leste berada tepat di bawah Indonesia atau juru kunci dengan koleksi nol poin dari tiga pertandingan. Itu membuat mereka dipastikan tak lolos ke fase berikutnya.

Berikutnya di Grup A, Jumat (13/5/2022), Indonesia akan melawan Filipina.

Tinggalkan Komentar