Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Xi Jinping Muncul Perdana ke Hadapan Publik Usai Rumor Kudeta

Rabu, 28 Sep 2022 - 23:16 WIB
Xi Jinping Kudeta
(foto: Twitter)

Presiden China Xi Jinping muncul ke hadapan publik untuk pertama kalinya usai rumor kudeta meluas.

Rumor kudeta Itu muncul beberapa pekan sebelum Beijing menyelenggarakan kongres Partai Komunis China, tepatnya pada 16 Oktober mendatang. Dalam kongres itu, Xi besar kemungkinan bakal terpilih lagi sebagai presiden untuk ketiga kalinya.

Mengutip Xinhua, dengan mengenakan masker Xi mengunjungi sebuah pameran di Beijing pada Selasa (27/9/2022) tentang pencapaian China selama beberapa dekade terakhir. Ini menjadi penampilan publik pertamanya sejak ia kembali ke Beijing usai menghadiri pertemuan puncak di Uzbekistan pada 16 September lalu.

“Presiden China Xi Jinping muncul dalam buletin utama stasiun televisi pemerintah CCTV, berkunjung ke pameran ‘menempa era baru’ di Beijing,” demikian laporan dari salah satu wartawan Channel NewsAsia, Olivia Siong, dalam Twitter pada Selasa (27/9/2022).

Baca juga
Sikapi Aksi China, Jepang Produksi Massal Rudal Jelajah dan Balistik

Kemunculan Xi ini juga berlangsung kala China diramaikan dengan rumor kudeta kepemimpinannya.

“Waktu yang sensitif sebelum kongres Partai Komunis bulan depan, kala ia diprediksi akan diberikan jabatan periode ketiga,” tulis Siong lagi.

Xi Jinping sempat menjadi perbincangan dunia maya setelah ia dirumorkan menjadi tahanan rumah karena dikudeta.

Kata kunci ‘Xi’ dan ‘#KudetaChina’ sempat ramai diperbincangkan di media sosial usai ribuan pengguna menyebarkan rumor bahwa Xi ditahan dan digulingkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang dipimpin oleh Jenderal Li Qiaoming, sosok yang dirumorkan mengkudeta Xi.

Rumor ini diawali kala tidak ada pesawat komersial yang terbang di langit Beijing pada Sabtu (24/9/2022), dengan laporan lain mengatakan seluruh kereta dan bus keluar Beijing dihentikan.

Baca juga
Indonesia Minta Semua Pihak Menahan Diri Tanggapi Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Tak hanya itu, sebuah video yang katanya menunjukkan ‘barisan kendaraan militer sejauh 80 km menuju Beijing’ turut memanaskan kabar tersebut di Twitter.

Meski demikian, video itu berdurasi kurang dari satu menit, sehingga tak menunjukkan apakah barisan kendaraan militer tersebut benar-benar mencapai 80 km.

Seorang politikus India, Subramanian Swamy, bahkan turut memanaskan rumor tersebut dalam Twitternya.

“Rumor baru untuk dicek, apakah Xi Jinping sedang menjadi tahanan rumah di Beijing? Kala Xi berada di Samarkand baru-baru ini, pemimpin Partai Komunis China seharusnya mencabut Xi dari jabatan orang partai yang bertanggung jawab atas militer. Lalu Xi menjadi tahanan rumah, kata rumor itu,” tulis Swamy.

Baca juga
Shanghai Kembali Keluarkan Peringatan Panas Ekstrem

Namun, kehadiran Xi di hadapan publik ini membantah segala rumor tersebut.

Tinggalkan Komentar