Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Yati Surachman Akui Pindah Agama, Namun Masih Sholat dan Pernah Khatam Qur’an

Yati Surachman
Tangkapan layar instagram @yatiesurachmanreal

Aktris senior, Yati Surachman mengakui pindah agama Kristen. Kisah tersebut dia ceritakan secara gamblang sejak pertama kali merasakan kagum pada pohon natal pada usia 12 tahun.

“Umur 12 tahun saya sangat sederhana, hanya melihat pohon natal. Saya merasa pohon natal itu indah, yang biasanya kebutulan waktu itu daerah rumah saya, rumah orangtua saya, di daerah itu ada orang nasrani. Saat natal waktu itu, saya lihat pohon natal itu takjub, waktu itu pakai pohon hidup, terus dikasih hiasan,” seperti yang inilah.com kutip dari tayangan YouTube The Miracle of Life, Jakarta, Senin, (21/02/2022).

Baca juga
Foto: Pameran Seni Erlangga Art Awards 2022

Dia menambahkan, menjadi seorang anak pertama dan memiliki adik-adik saat itu ada lima orang, membuatnya harus bertanggung jawab atas semua prilaku adiknya.

Saat itu, dia ingin bercerita dengan tantenya yang seorang nasrani. Namun tidak jadi, lantaran dia melihat pohon natal dan mendapat kedamaian di hatinya.

“Tapi saya setiap lihat pohon natal, saya enggak jadi bicara, mau share masalah saya. Ini pohon natal indah banget ya, rasanya tenang hatiku. Sangat sederhana sekali,” tambahnya.

Masih menurut Yati, pada suatu hari dia meminta kerabatnya untuk diajak ke Gereja. Kemudian, akhirnya dia mengaku dibabtis.

Baca juga
Apresiasi McDonald’s Indonesia untuk BangDi & NonDi, Para Rekan Pesan Antar

Meski sudah memeluk agama Kristen, Yati belum berani memberitahu keluarganya soal keputusannya pindah agama. Dia masih menjalankan sholat di rumahnya.

“Akhirnya saya sebelum berani melakukan pengakuan sebagai Kristen, saya melakukan sembahyang, tetapi cuma gerak,” katanya.

Dia pun mengaku pernah khatam Qur’an sebelum memeluk agama Kristen.

Perjalanan karir Yati Surachman

Yati Surachman memiliki nama lengkap Yati Surachmiati Agustina lahir di Jakarta pada 8 Agustus 1957. Dia adalah aktris yang pernah menerima penghargaan aktris terbaik dalam Festival Film Asia Pasifik di tahun 1980.

Saat itu, dia mendapat penghargaan karena perannya dalam film yang berjudul Perawan Desa.

Yati memulai karir di dunia film pada tahun 1972. Saat itu, film pertamanya berjudul Anjing-Anjing Geladak. Hingga 2021, Yati masih menjadi aktris yang produktif berperan dalam film.

Baca juga
Kemenag RI dan Arab Saudi Bahas Rencana Haji-Umrah

Dia bermain dalam film Bangkitnya Mayit: The Dark Soul sebagai Laras, dan film Kabut dengan peran Tijah pada 2021.

Tinggalkan Komentar