Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Yuk Coba 10 Cara Healing yang Mudah

Healing
freepik

Healing, kata yang kini sangat populer disebut anak muda masa kini. Healing menjadi salah satu hal yang kini harus dilakukan untuk menghilangkan rasa penat.

Lantas, apa sih sebenarnya arti kata healing itu?

Menurut kamus bahasa Inggris, healing memiliki arti penyembuhan. Hal yang dimaksud penyembuhan tersebut adalah secara psikologis yaitu penyembuhan jiwa, perasaan, batin dan juga pikiran.

Karena itu, tidak sedikit masyarakat yang menggunakan kata healing untuk penyembuhan diri setelah melewati penatnya kegiatan sehari-hari.

Mengutip dari nodokter, Jakarta, Sabtu, (12/03/2022), ada beberapa cara untuk healing namun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dan sangat mudah dilakukan.

Berikut adalah 10 cara healing dengan mudah yang bisa Anda simak:

1. Mencium Aroma Bunga

Bunga segar, baik dari toko atau halaman Anda, dapat langsung membuat Anda merasa nyaman.

Ini mungkin karena keindahan dan bunga yang sering kali memiliki hubungan kuat dengan peristiwa bahagia.

Pergilah ke taman sekitar rumah, cari bunga-bunga mekar. Jika memungkinkan untuk dipetik, pilih bunga dengan warna dan aroma yang Anda sukai, dan letakkan di suatu tempat di rumah Anda di mana Anda akan sering melihatnya.

2. Pijat Tubuh Sendiri

Pijat diri sendiri bisa mengurangi stres Anda. Tak hanya itu, pijatan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Baca juga
Indonesia Akan Hadapi Malaysia di Perempat Final Piala Sudirman 2021

Cobalah mulai dengan memijat leher Anda. Letakkan tangan di belakang kepala dan buat lingkaran kecil yang dalam dengan ibu jari Anda. Untuk melepaskan ketegangan di wajah Anda, coba gosok dahi dan rahang dengan jari-jari.

3. Bercocok Tanam

Jika Anda merasa tegang, mungkin ini saatnya untuk memulai menanam sesuatu. Saat menanam tumbuhan dan merawatnya, Anda mungkin akan merasa lebih rileks dibandingkan jika Anda menghabiskan waktu yang sama di depan komputer atau ponsel Anda.

Tanaman hias menawarkan koneksi yang menenangkan yang bahkan memiliki kekuatan untuk menenangkan sistem saraf dan membantu menurunkan tekanan darah.

4. Batasi Penggunaan Alat Elektronik

Sangat bagus untuk terhubung ke orang lain, tetapi ponsel, tablet, dan laptop membuat sulit untuk beristirahat. Jika Anda sering online, Anda mungkin mulai merasa stres dan tidak punya cukup waktu.

Cobalah untuk singkirkan semua alat elektronik, mungkin selama satu jam dari waktu bersantai. Gunakan waktu itu untuk melakukan hal lain, seperti meditasi.

5. Minum Teh

Minumlah secangkir teh hitam atau hijau untuk membuat pikiran lebih rileks. Kedengarannya terlalu sederhana, tetapi penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu mengurangi ketegangan.

Baca juga
Jangan Paksakan Diri Harus Bahagia, Ini Efeknya

Beberapa teh herbal, seperti chamomile, juga dapat membantu mengurangi kecemasan Anda.

6. Berendam di Air Hangat

Kehangatan air bisa memperlebar pembuluh darah Anda dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, yang membantu Anda rileks. Satu studi menemukan bahwa orang yang mandi air hangat secara teratur merasa kurang stres dan lelah dan bahkan lebih banyak tersenyum.

Anda bisa mandi tepat sebelum tidur, ini dapat membantu Anda tertidur lebih nyenyak.

7. Keluar Rumah

Ini adalah salah satu cara tercepat untuk mulai bersantai. Sedikitnya 20 menit di alam, bisa juga di halaman rumah Anda atau taman kota, dapat membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif.

Suara menenangkan dari alam yang Anda dengar juga dapat menurunkan tekanan darah . Anda tidak perlu mendaki gunung untuk merasa lebih santai. Duduk atau berjalan-jalan di lingkungan luar ruangan yang Anda sukai.

Jika itu tidak bisa terjadi sekarang, lihat foto alam yang Anda sukai.

8. Mendengarkan Musik

Musik yang menenangkan memiliki efek langsung pada sistem saraf Anda. Ini memperlambat detak jantung dan pernapasan Anda, menurunkan tekanan darah Anda, dan memberi sinyal pada otot Anda untuk melunak.

Baca juga
Jadi Reseller Pemula? Yuk Cek Tips Berikut Supaya Cuan Ngalir Terus!

Ketika Anda perlu rileks secara mental, pilihlah musik yang Anda sukai. Tidak punya lagu favorit? Pilih saja lagu klasik, folk, atau jazz. Mereka memiliki ritme antara 60 hingga 80 denyut per menit yang membantu tubuh Anda menjadi tenang.

9. Berinteraksi dengan Kerabat

Sistem dukungan teman dan keluarga terbukti membantu Anda mengatasi stres dan meningkatkan mood dengan lebih baik.

Luangkan waktu untuk menelepon, mengirim SMS, atau mengirim email kepada seseorang yang membuat Anda merasa nyaman.

Anda dapat mengeluarkan segala keresahan yang Anda rasakan ataupun mendengarkan apa yang terjadi dalam hidup mereka.

10. Tidur Siang Singkat

Tidur siang yang singkat dapat membantu menurunkan ketegangan dan meningkatkan suasana hati.

Jika Anda sering tidur kurang dari 7 jam di malam hari atau energi Anda berkurang setelah makan siang, tidur siang mungkin adalah yang Anda butuhkan.

Temukan tempat yang tenang dan gelap untuk memejamkan mata selama 20 menit dan Anda akan bangun dengan segar dan lebih waspada. Jika tidur siang lebih lama dari itu dan Anda mungkin bangun dengan kepala yang pusing.

Tinggalkan Komentar