Senin, 06 Februari 2023
15 Rajab 1444

Yuk Kenali Lebih Dekat 3 Kandidat Capres 2024

Kamis, 17 Nov 2022 - 06:17 WIB
Survei Populi Center - inilah.com
Voxpol merilis hasil survei mengenai perbedaan mencolok dalam pemilihan calon presiden (Capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, Selasa (29/11/2022). (Foto: Ilustrasi/Populi Center)

Ada tiga nama tokoh yang digadang-gadang menjadi kandidat calon presiden (capres) dalam pemilu 2024. Hadirnya ketiga nama tokoh ini membuat situasi semakin semarak, jelang pesta demokrasi 5 tahunan. Masyarakat pun sudah mulai membicarakan ketiganya, penasaran? Yuk kita kenali lebih dekat ketiganya.

1. Anies Baswedan Kandidat Capres partai NasDem

Bagi warga Jakarta, siapa yang tidak kenal dengan sosok ini. Anies Rasyid Baswedan adalah Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 dan menyelesaikan masa baktinya pada bulan Oktober 2022.

Capres partai NasDem ini sukses menjadi sorotan masyarakat karena karya dan beberapa pencapaiannya semasa menjabat menjadi Gubernur. Pencapaiannya adalah Jakarta International E-Prix Circuit, Stadion JIS, Revitalisasi Kota Tua Batavia, sumur resapan, pembangunan jalur sepeda, JPO Pinisi, aplikasi Jakarta Kini (JAKI), JakLingko, pelebaran trotoar, gratiskan PBB di bawah Rp 2 M, rumah DP Rp 0, Kampung Susun Akuarium, Fly Over Tapal Kuda,  Revitalisasi Simpang Lima Pasar Senen.

Baca juga
Prabowo Perkuat Kerja Sama Pertahanan dengan Turki
Anies Baswedan - inilah.com
Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

Dibesarkan di Yogyakarta, Anies fokus berkiprah menjadi Akademisi dan menjadi pencetus Indonesia Mengajar dan Gerakan Turun tangan. Dimana itu merupakan suatu program untuk mengisi kekurangan guru sekolah mennengah atas di daerah-daerah terpencil khususnya di luar Pulau Jawa. Selain itu, Anies pernah menjabat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke 27 pada masa pemerintahan Jokowi tahun 2014-2016.

2. Ganjar Pranowo

Ganjar Sungkowo atau lebih dikenal Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah yang terkenal dengan sikap merakyatnya selama menjabat. Sejak kecil Ganjar sudah menunjukan jiwa kepemimpinannya, mulai dari ketua kelas saat SD sampai melanjutkan kuliah Ganjar aktif di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar memimpin Jawa tengah pada tahun 2013. Kemudian pada tahun 2018 Ganjar kembali menjadi Gubernur Jawa Tengah sampai 2023. Ganjar Pranowo memang menjadi salah satu politisi yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai kandidat capres Pemilu 2024. Dalam berbagai survei capres Pemilu 2024, Ganjar Pranowo mendapatkan suara tertinggi.

Baca juga
Ketika Prabowo Lepas Jam Tangan hingga Baju di Panggung Cak Nun

3. Prabowo Subianto Kandidat Capres partai Gerindra

Sosok satu ini adalah seorang perwira tinggi militer Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo. Lahir di Jakarta dan tertarik untuk terjun di dunia Militer karena pengaruh pamannya yang gugur dalam Pertempuran Lengkong.

Selain menjadi perwira tinggi, Prabowo Subianto merupakan seorang politisi dan pengusaha, Prabowo berkarir di militer selama 28 tahun. Semua bermula pada tahun 1976, beliau mengawali karir militer di TNI angkatan darat sebagai seorang Letnan Dua setelah lulus dari Akademi Militer di Magelang.

B2 - inilah.com
Prabowo Subianto dalam acara ‘PKB Road to Election 2024’ di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022). (Foto: Inilah.com/ Agus Priatna)

Dari tahun 1976 sampai tahun 1985 Prabowo bertugas di Komando Pasukan Sandi Yudha atau Kopassandha yang pada saat itu merupakan pasukan khusus Angkatan Darat. Salah satu tugas pertamanya yaitu sebagai komandan pleton pada Grup I/Para Komando yang menjadi bagian dari pasukan operasi Nanggala di Timor-Timur.

Baca juga
Musim Penghujan, Anies Waspadai 3 Hal

Saat ini, Prabowo menjabat menjadi Menteri Pertahanan ke 26 bersama wakilnya Sakti Wahyu Trenggono saat sebelumnya dijabat oleh Ryamizard Ryacudu dan masih menjadi Ketua Umum Partai Gerindra yang ke 2. Pada saat rapimnas di Sentul Agustus 2022 lalu, Gerindra menetapkan ketua umum Prabowo Subianto sebagai kandidat capres pilpres 2024 nanti. Nah itu dia tiga nama calon presiden pemilu 2024 nanti. Siapa jagoan Anda?

Tinggalkan Komentar