Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Yus Yunus Meninggal, Waspada Ini 6 Tanda Serangan Jantung yang Harus Anda Ketahui

Yus Yunus
Instagram @yusyunusofficial

Pedangdut Yus Yunus meninggal dunia pada Jumat, (25/02/2022) pukul 00.52 wib. Penyebab pedangdut tersebut meninggal karena terkena serangan jantung.

Lantas apa saja yang menyebabkan seseorang seperti Yus Yunus terkena serangan jantung? Menilik lebih dalam, apa Itu serangan jantung?

Serangan jantung terjadi ketika sesuatu menghalangi aliran darah ke jantung Anda. Hal tersebut menyebabkan seseorang tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

Seperti dikutip dari webMD, berikut adalah gejala serangan jantung yang perlu Anda ketahui:

1. Ketidaknyamanan, tekanan, berat, sesak, diremas, atau nyeri di dada atau lengan atau di bawah tulang dada

2. Ketidaknyamanan yang masuk ke punggung, rahang, tenggorokan, atau lengan Anda

Baca juga
Puskesmas di Malang Berhasil Turunkan Stunting

3. Kepenuhan, gangguan pencernaan, atau perasaan tersedak (mungkin terasa seperti mulas)

4. Berkeringat, sakit perut, muntah, atau pusing

5. Kelemahan parah, kecemasan, kelelahan, atau sesak napas

6. Detak jantung cepat atau tidak rata.

Tren PTM di Indonesia karena gaya hidup tidak sehat

Tren Penyakit Tidak Menular di Indonesia meningkat karena disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu Penyakit Tidak Menular adalah penyakit kardiovaskular.

Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Kemudian 33,5 persen masyarakat kurang aktivitas fisik, 29,3 persen masyarakat usia produktif merokok setiap hari, 31 persen mengalami obesitas sentral serta 21,8 persen terjadi obesitas pada dewasa.

Baca juga
Syuting di Lokasi Pengungsian, Rebecca Tamara: Aku Minta Maaf

Serangan jantung termasuk dalam penyakit kardiovaskular. Karena itu, untuk mengantisipasti penyakit tersebut, perubahan gaya hidup harus dilakukan sedini mungkin sebagai investasi kesehatan di masa depan.

Kemudian dengan pengendalian faktor risiko juga harus dilakukan sedini mungkin. Masyarakat harus memiliki kesadaran kesehatan agar tahu kondisi badannya, agar semakin mudah diobati sehingga tidak terlambat.

”Jangan lupa deteksi dini, untuk orang sehat merasa dirinya tidak memiliki keluhan, belum tentu tetap sehat, lakukan skrining minimal 6 bulan sampai 1 tahun sekali,” kata Direktur Pencegahan Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan Cut Putri Ariane.

Profil Yus Yunus

Pedangdut Yus Yunus lahir pada 19 September 1962. Dia adalah penyanyi yang berasal dari Madura.

Baca juga
Usai Dihujat, Ragil Mahardika Malah Cosplay Badarawuhi KKN di Desa Penari

Yus Yunus terkenal karena membawakan sebuah lagu Sapu Tangan Merah, dan beberapa lagu dangdut yang menggunakan bahasa Madura.

Yus Yunus juga pernah maju sebagai calon DPR RI daerah pemilih Lumajang-Jember pada 2018.

Mengawali karir menjadi penyanyi bukan perkara mudah bagi Yus Yunus. Dia yang berasal dari keluarga pedagang, sempat ditentang keinginannya menjadi seorang penyanyi. Hal tersebut tidak membuat Yus Yunus menyerah.

Dia lalu merantau ke Jakarta dan bekerja mengantarkan susu ke hotel-hotel sambil berusaha menjual lagu-lagunya ke perusahaan rekaman.

Tinggalkan Komentar