Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Zaki Iskandar Apresiasi Kader Golkar Bantu Warga Jatinegara Cakung Manfaatkan Jelantah Bernilai Ekonomi

Zaki Iskandar saat menghadiri kegiatan Ramadhan Berkah Golkar Berbagi,(Foto Dok) - inilah.com
Zaki Iskandar saat menghadiri kegiatan Ramadhan Berkah Golkar Berbagi,(Foto Dok)

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi kegiatan kader Golkar di wilayah masing-masing yang membantu permasalahan warga setempat, seperti di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

Hal tersebut disampaikan Zaki Iskandar saat menghadiri kegiatan Ramadan Berkah Golkar Berbagi, dengan melakukan santunan terhadap 150 anak yatim, dhuafa dan lansia yang tidak mampu, bertempat di FASOS JUDISTIRA, Jl. Rawa Gelam, RT 02/ RW 06 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (20/04/2022).

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Harian Golkar DKI Jakarta Yudistira Hermawan, Ketua DPD Golkar Jakarta Timur Taufik Azhar, dan Lurah Jatinegara Slamet Sihabudin.

“Hari ini ini saya berkunjung ke Jatinegara sekaligus melihat kegiatan Bang Yudistira Hermawan,” kata Zaki.

Zaki mendorong kegiatan tersebut terus dilakukan dengan melibatkan warga lebih banyak lagi. Pengumpulan minyak jelantah ini menjadi solusi terhadap penanggulangan limbah rumah tangga yang bisa mengurangi dampak lingkungan.

Baca juga
Golkar, PAN dan PPP Berkoalisi Lahir Batin

Selama ini, hasil dari penukaran minyak jelantah warga Jatinegara, bekerjasama dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, kemudian dijual ke PT. Delta.

Hasil dari penukaran jelantah itu, sesuai kesepakatan, 40 persen diberikan kepada kader pengumpul minyak jelantah yang terdiri dari Dasawisma dan kader Jumantik. Sedangkan, 60 persen disedekahkan kepada anak yatim piatu, dhuafa, fakir, dan lansia yang tidak mampu di Kelurahan Jatinegara.

“Ibu Jumantik juga sangat luar biasa membina masyarakat di lingkungannya masing-masing, harus mendapat apresiasi,” ujarnya.

Zaki menegaskan, kader Golkar harus senantiasa berada di tengah masyarakat yang membutuhkan. Menurut Zaki dengan adanya FASOS JUDISTIRA menandakan Yudistira Hermawan setiap tahun juga ada kegiatan di sini.

“Jadi kunjungan kader Golkar DKI Jakarta tidak hanya menunggu 5 tahun sekali, ini tidak boleh. Kader Golkar wajib berada di tengah masyarakat, ada event atau tidak ada event, apalagi jika ada bencana di tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca juga
Menunggu Deklarasi Capres Ganjar Pranowo

Lebih lanjut, Zaki menyampaikan, dirinya juga menyerap aspirasi warga terkait minyak goreng yang langka dan sembako yang naik supaya segera ditangani oleh pemerintah.

“Kami menyampaikan ke Ketua Umum Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian, untuk di sana bisa mengatasi permasalahan di tengah masyarakat,” katanya.

Whatsapp Image 2022 04 21 At 4.50.40 Am - inilah.com

Dalam sambutannya, Ketua Harian Golkar DKI Jakarta Yudistira Hermawan mengatakan, berterimakasih Ketua DPD Golkar DKI Jakarta mendatangi warga Kelurahan Jatinegara, Cakung.

“Program Ramadan Berkah Golkar Berbagi ini sudah masuk hari ke-17, Pak Ketua berputar keliling Jakarta bertemu langsung dengan masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, selain santunan terhadap 150 yatim duafa panti jompo, dilakukan juga pembagian 100 minyak goreng langsung kepada masyarakat. Diharapkan sumbangan tersebut langsung dirasakan manfaatnya.

Sementara itu, Lurah Jatinegara Slamet Sihabudin mengatakan, berterimakasih atas bimbingan dan motivasi dari anggota dewan DKI Jakarta dari Golkar Yudhistira Hermawan. Dimana, warga di kelurahannya mendapatkan manfaat dari pengumpulan minyak jelantah.

Baca juga
Pemain Persib Bandung Anggap Latihan jadi Ajang Ngabuburit Selama Ramadan

“Alhamdulilah, berkat bimbingan Pak Yudhistira Kelurahan Jatinegara Cakung ini menjadi wilayah pengumpul minyak jelantah terbanyak di Jakarta Timur,” katanya.

“Inovasi ini dikembangkan untuk mengendalikan pencemaran jelantah, sehingga bisa dikelola dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan,” sambungnya.

Tentu saja capaian ini baik mengingat limbah cair di tengah masyarakat bisa dimanfaatkan untuk masyarakat kembali. Bukan hanya itu, kata Slamet, hasil dari pengumpulan minyak jelantah tersebut disalurkan kepada anak yatim dan dhuafa di Kelurahan Jatinegara.

“Hasil minyak jelantah tersebut menjadi Jumat berkah yang dibagikan kepada anak yatim piatu Di Kelurahan Jatinegara,” ujarnya.

Diakuinya, selama pandemi dan saat ini minyak goreng mahal, kegiatan pengumpulan minyak jelantah tersendat. Namun, kegiatan tersebut akan terus dilakukan.

“Warga tetap semangat terkait pengumpulan limbah minyak jelantah. Dan kami bangga, karena baru kali ini ketua DPD mengunjungi kelurahan kami,” katanya.

Tinggalkan Komentar