Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Zamzam, Aplikasi Buatan Saudi yang Memberikan Pengalaman Baru Umrah

Sholat Idul Fitri Di Masjidil Haram 580x300 - inilah.com
Shalat Ied di Masjidil Haram

Zamzam, sebuah aplikasi online Saudi untuk perjalanan umrah, telah mencatat rekor jumlah peziarah yang memilih untuk melakukan perjalanan yang sulit ke tempat-tempat suci Arab Saudi dalam beberapa klik. Zamzam telah melayani lebih dari 350.000 pelancong dan melakukan pemesanan untuk sekitar 170.000 peziarah dalam enam bulan terakhir.

Angka-angka tersebut mencerminkan kebangkitan pariwisata religi pascapandemi dan berbicara banyak tentang peran teknologi dalam memfasilitasi salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia.

“Wisatawan tidak lagi harus menunggu berhari-hari untuk mengunjungi kedutaan dan secara fisik mengambil visa mereka. Sebaliknya, mereka dapat melakukan semuanya dalam beberapa klik,”kata Omar Akbar, pendiri dan CEO Zamzam.com, kepada Arab News.

Diluncurkan pada 2019, platform perjalanan yang berbasis di Jeddah itu mena-warkan reservasi penerbangan, pemesanan hotel, dan layanan darat, selain mengeluarkan visa umrah kepada orang yang membutuhkannya.

Baca juga
Umrah 2022 Tidak jadi Dihentikan

Zamzam baru-baru ini juga meluncurkan fasilitas pusat panggilan khusus dengan staf multibahasa yang berpengalaman, chatbot WhatsApp otomatis dan dukungan email sepanjang tahun.

“Kami telah memulai usaha ini sebelum pandemi dengan ide membuat portal online pertama yang melayani wisata religi. Upaya itu terhenti ketika pandemi melanda. Jadi, daripada memikirkan jalan buntu, kami menghabiskan dua tahun berikutnya untuk memperbaiki portal kami dan menambahkan lebih banyak layanan,” kenang Akbar.

Setelah dua tahun pembatasan pandemi, ketekunan kru Zamzam terbayar Ketika pemerintah Saudi meningkatkan jumlah jemaah haji per hari sebesar satu juta,  yang membawa dimensi baru ke umrah.

Baca juga
Kata IDAI jika Ada Kasus Covid-19 di Sekolah Usai Tatap Muka

“Peziarah hari ini tidak ingin membatasi diri di kamar selama dua minggu mereka tinggal di Saudi. Sebaliknya, mereka ingin mengikuti jejak Nabi Muhammad dan mengalami kisah-kisah otentik,” kata Akbar.

Perusahaan sedang dalam tahap pembicaraan lanjutan dengan Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan lisensi untuk membuat paket wisata yang berusaha mengikuti jejak Nabi Muhammad.

Didirikan melalui kerja sama dengan TBO.com, Zamzam.com juga menawarkan layanan kelas atas, seperti layanan pertemuan dan bantuan VIP di bandara Jeddah, tur umrah berpemandu, program khusus untuk memperkaya pengalaman pengunjung, dan layanan premium untuk eksekutif, undangan pemerintah dan tamu kerajaan.

Selain itu, platform ini telah bermitra dengan beberapa lembaga keuangan seperti VFS, Merit, Abu Dhabi Commercial Bank dan Buy Now Pay Later untuk menawarkan program loyalitas eksklusif bagi pelanggan dengan kartu kredit yang relevan.

Baca juga
Umrah Dibuka, 18 Ribu Jemaah Indonesia Siap Berangkat

Platform ini berkomitmen untuk menciptakan pengalaman ziarah yang bermakna bagi pelancong religius yang datang ke Saudi untuk dari lebih dari 110 negara di seluruh dunia dan telah memelihara jaringan agen mitra, profesional industri, dan manajer tujuan yang efisien.

Pada 19 April, Zamzam mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Masyarakat Amal Al-Birr di Makkah.

Berdasarkan MoU, Zamzam akan menyumbangkan sejumlah uang dari setiap pemesanan yang diselesaikan di situsnya ke Al-Birr selama tahun depan. Donasi tersebut akan digunakan untuk mendukung berbagai program amal yang dilakukan oleh Al-Birr untuk melayani masyarakat. [Arab News]

Tinggalkan Komentar