Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Zaskia Adya Mecca Ingatkan Pentingnya Bonding dengan Anak

Sabtu, 03 Des 2022 - 09:35 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Zaskia Adya Mecca Bersama Dua Putrinya (Foto: Instagram)
Zaskia Adya Mecca Bersama Dua Putrinya (Foto: Instagram/@Zaskia)

Selebritas Zaskia Adya Mecca memaparkan bahwa baginya melakukan bonding atau ikatan emosional pada anak adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sejak dini.

“Menurut aku bonding sama anak itu penting banget ya. Itu penting banget karena bisa meningkatkan rasa aman, nyaman, dan percaya pada anak kita,” ujar Zaskia mengutip Antara, Jumat (2/12/2022) malam.

“Ketika aku menikah sama Mas Hanung, aku memilih untuk stop syuting dan akhirnya jadi pengusaha. Karena aku mau punya waktu untuk diriku dan anak-anak. Apalagi di masa pertumbuhan 0 sampai ABG,” katanya pula.

Lebih lanjut, Zaskia mengungkapkan bahwa dirinya dan sang suami Hanung Bramantyo memang selalu menyempatkan waktu untuk anak-anaknya. Sebab, dirinya tak mau jika sang anak akhirnya mencari orang lain sebagai tempatnya untuk merasa aman dan nyaman.

Baca juga
Selamat! Ustaz Adi Hidayat Dikaruniai Anak Kelima

“Anak aku ada yang sudah ABG, umur 12 tahun perempuan. Kalau dia nggak dekat dengan ibu dan bapaknya. Sama-sama sibuk, dia akan mencari orang lain untuk tempat yang aman, nyaman dan dia percaya. Aku tidak mau itu terjadi sama anakku,” kata Zaskia.

“Meski ada mbak di rumah, tapi posisinya adalah membantu ketika aku memang sudah kewalahan. Jadi bukan berarti ada mbak, ada suster, mereka yang urusin anak. Kita tinggal tiduran itu nggak. Mereka tugasnya hanya membantu kalau aku kewalahan,” ujarnya pula.

Salah satu cara Zaskia untuk melakukan bonding pada anak sejak dini adalah melakukan pijatan. Salah satu teknik pijatan yang sering dilakukan Zaskia adalah teknik membentuk love atau teknik I love you.

Baca juga
Virus Polio Anak Banyak Ditemukan Tidak Bergejala

“Aku selalu melakukan pijatan. Aku tidak pernah manggil orang untuk melakukannya karena buatku, saat memijat anak itu adalah bonding antara aku dan anak,” katanya lagi.

“Misal pijatan I love you, itu memang selalu aku lakukan. Jadi tiap anak sebelum mandi atau sesudah mandi, mereka sakit atau apa itu aku pijet,” ujarnya pula.

Pada sisi lain, founder VY Mom & Baby Care Massage Expert Evi Putri Damayanti menjelaskan bahwa selain dapat mengatasi penyakit batuk hingga pilek pada bayi, pijat juga memang dapat meningkatkan hubungan antara orangtua dan anak sejak dini.

Sebab dengan sentuhan atau skin to skin dengan anak, hal ini akan membuatnya merasa dicintai. Tak hanya itu, hal ini pun juga dapat menimbulkan kepribadian peduli pada anak.

Baca juga
Polisi Rilis Tampang Penculik Anak 4 Tahun di Cilegon

“Bonding itu kan kita memberikan sentuhan pada anak. Ketika kita memberikan sentuhan kepada anak, otomatis anak akan jadi butuh kita,” kata Evi pula.

“Karena dia tahu, dia merasa dicintai. Dia merasa kalau orangtuanya itu lebih memperhatikan anak. Beda dengan anak-anak yang jarang disentuh. Biasanya kalau anak disentuh, gedenya mamanya bilang ‘sini peluk’ mereka nggak mau,” katanya lagi.

Tinggalkan Komentar