Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Zelensky Sambut Jokowi di Istana Maryinsky

Rabu, 29 Jun 2022 - 21:01 WIB
Whatsapp Image 2022 06 29 At 8.02.08 Pm - inilah.com
Presiden RI Joko Widodo disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat tiba di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Foto: Antara/Biro Setpres

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina. Jokowi sebelumnya sempat meninjau puing-puing kehancuran akibat perang di beberapa bangunan di Kota Irpin, sekaligus menyerahkan bantuan kemanusiaan antara lain berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin.

Jokowi disambut Zelensky di Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022), sekitar pukul 15.00 waktu Ukraina. Zelensky sudah menunggu di pintu istana sebelum Jokowi turun dari kendaraan. Keduanya lantas bersalaman dan terlibat dalam dialog singkat.

Biro Pers Sekretariat Presiden mengungkapkan setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama, pengenalan delegasi serta dilanjutkan dengan pertemuan empat mata (tete-a-tete).

Baca juga
Jelang Idul Adha, Jokowi Inginkan Pangan Ada dan Harga Terjangkau

Dalam kunjungan dengan misi perdamaian ini, Presiden Jokowi rencananya akan berbicara dengan Zelenskyy untuk mengupayakan terciptanya perdamaian antara Ukraina dengan Rusia. Jokowi mengunjungi Ukraina didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan terbatas, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi bersama Iriana sebelumnya sempat mengunjungi Kota Irpin, didampingi Wali Kota Alexander Grigorovich Markushin, melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang. “Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” kata Presiden Jokowi usai peninjauan.

Baca juga
Presiden Jokowi dan Wapres juga Dapat THR, Ini Jumlahnya

Presiden Jokowi menyatakan kehancuran yang disaksikannya sebagai hal yang menyedihkan, dan berharap tidak ada lagi kota di Ukraina yang mengalami kehancuran. Usai dari Ukraina, Jokowi bakal ke Rusia untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Polandia.

 

Tinggalkan Komentar