Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Zulhas Optimistis Atasi Lonjakan Harga Bahan Pokok

Kamis, 16 Jun 2022 - 11:17 WIB
1655346096635(1) - inilah.com
Mendag Zulkifli Hasan (kanan) saat blusukan dan berdialog dengan pedagang di Pasar Jaya Cibubur, Jakarta TImur, Kamis (116/6/2022). Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) meyakinkan para pedagang dan masyarakat segera mengatasi lonjakan sejumlah komoditas bahan pokok. Sehingga, kata dia, ketersediaan dan harga bahan pokok akan stabil dan tak memberatkan masyarakat.

“Saya yakin dengan background (dunia usaha) pengalaman panjang, pedagang mohon doanya. Kita syok juga semua ngeluh harga naik. Kasihan rakyat kalau kita gak bisa kerja lebij baik. Ini hari pertama saya dan saya akan kerja cepat mengatasi (ketersediaan dan lonjakan harga bahan pokok),” kata Zulhas saat blusukan ke Pasar Jaya Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Zulhas menjelaskan, hampir seluruh komoditas seperti cabe, bawang hingga daging ayam dan sapi di Pasar Jaya Cibubur mengalami kenaikan harga. Kecu harga beras yang relatif stabil.

Baca juga
Zulhas: Tidak Pantas Seorang Guru Merusak Murid

“Dan itu kita tadi lihat langsung bahan pokok hampir semua naik, kecuali beras. Cabe 20 sampai 30 persen, Rp80 ribu hingga Rp110 ribu. Bawang merah juga naiknya hampir 20 persen,” tambahnya.

“Ayam dari Rp21 ribu naik sampai Rp26 ribu. Daging sapi naik juga, tapi pembelinya turun drastis karena PMK jadi mengurangi beli daging. Kalau terigu jelas barang impor,” sambungnya.

Kementerian Perdagangan akan segera membahas dengan sejumlah pihak terkait untuk menemukan solusi jangka pendek dan panjang dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

“Kita akan bekerja cepat karena tidak hanya domain kemendag maka akan dibahas bersama Menko Perekonomian dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian. Solusi jangka pendek dan panjang danmenyelesaikan bareng-bareng dengan kementerian terkait. Tidak mudah apalagi impor, mengatasi ketergantungan impor nanti kita akan selesaikan bareng,” tegas Zulhas.

Tinggalkan Komentar