Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Zulhas Tekankan Pentingnya Islam Tengah Menjadi Jalan Politik Kebangsaan

Islam tengah - inilah.com
Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Foto Seruji

Menjelang Pidato Kebangsaan dan Penganugerahan Zulhas Award 2022 yang akan dihelat Sabtu, 29 Januari 2022, di Gedung Perpustakaan Nasional RI, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan bahwa narasi Islam moderat dalam politik kebangsaan merupakan sesuatu yang penting untuk terus digaungkan.

“Ini bukan hanya wacana kelompok agama, kaum intelektual atau akademisi saja. Diskursus Islam tengah harus menjadi arus utama dalam perbincangan publik Islam Indonesia. Jika kita gagal memahami sintesis agama dan negara, kita sudah lihat dampaknya yang multidimensional. Wacana ini harus menjadi perhatian tokoh politik, tokoh pers, hingga tokoh budaya.” Terang Wakil Ketua MPR RI itu.

Baca juga
PAN Beri Sinyal Dukungan Kepada Ridwan Kamil?

“Saya akan sampaikan ini dalam pidato kebudayaan nanti.” Sambungnya.

Zulhas mengatakan bahwa ia akan menyampaikan gagasannya secara utuh dalam pidato kebangsaan yang diberi judul “Indonesia Butuh Islam Tengah” itu. Direktur Eksekutif Amanat Institute, Fahd Pahdepie, yang merupakan penyelenggara acara menjelaskan bahawa acara tersebut akan dihadiri tokoh lintas-bidang.

“Para tokoh agama, tokoh politik, tokoh intelektual, sudah mengkonfirmasi akan hadir. Yang akan menyampaikan respons terhadap pidato kebudayaan Pak Zulhas adalah Pak Anies Baswedan, Pak Ridwan Kamil, Pak Erick Thohir dan Ketum ICMI Prof. Arief Satria. Doa dipimpin oleh Ustadz Adi Hidayat. Alhamdulillah semua telah mengkonfirmasi.” Katanya.

Baca juga
Ketua DPD RI Berharap Persoalan Tol Cisumdawu Selesai Akhir November

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyampaikan apresiasinya atas langkah yang diambil Zulhas dengan pidato kebudayaan ini. “Saya kira ini terobosan yang luar biasa. Di tengah situasi bangsa hari ini, kita memang butuh sosok negarawan, mereka yang bukan hanya berpolitik semata berorientasi kekuasaan. Tetapi juga memberikan sumbangsih pemikirannya untuk bangsa dan negara ini ke depan.” Kata Yandri.

Menurut Waketum PAN itu, Zulhas telah membuktikan komitmennya untuk mengawal Islam moderat ini. “Saya kira bukan hanya wacana, tapi sudah direalisasikan dalam kerja nyata. Bang Zul kalau ke daerah-daerah selalu meyakinkan kader PAN maupun masyarakat untuk menjaga moderasi. Negara tidak boleh dibenturkan dengan Islam. Ikuti langkah NU dan Muhammadiyah.” Pungkasnya.

Baca juga
PayLater Traveloka: Cara Pakai, Besar Bunga, dan Biaya Denda

Whatsapp Image 2022 01 26 At 3.53.09 Pm - inilah.com

Tinggalkan Komentar